Nuris Journal of Education and Islamic Studies https://nuris.ac.id/journal/jeis <p><a href="http://journal.nuris.id/index.php/jeis/management/settings/context/journal.nuris.id">Nuris Journal of Education and Islamic Studies</a> is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields.</p> <p><strong>DOI</strong> : <a href="https://doi.org/10.52620/jeis">https://doi.org/10.52620/jeis</a></p> <p><strong>ISSN</strong> <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210416222021529">2776-2653</a></p> <p><strong>Aim and Scope:</strong> Teaching and learning, education development and society, education management, philosophy of education, religious education. Learning of Islamic Education, which includes materials, curriculums, methods, strategies, media, design, psychology, and evaluation; Learning content of Islamic Education includes learning of al-Qur'an Hadith, Akidah Akhlak, Fiqh, and History of Islamic Culture; Science integration in learning of Islamic Education. Fundamentals of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), Development of Islamic educational institutions (development of Islamic education curriculum, Islamic learning method and Islamic education teacher and others) Studies of the concept of Islamic education (Islamic educational leading figure, Quran sunnah text, and others).<em> </em></p> en-US <p><strong>License Terms</strong><br />In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:</p> <ul> <li>They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.</li> <li>The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.</li> <li>That it is not under consideration for publication elsewhere,</li> <li>That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.</li> <li>They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.</li> <li>They agree to the following license and copyright agreement.</li> </ul> eic.journal@nuris.ac.id (Priyono Tri Febrianto) admin@nuris.ac.id (Alfian Qomaruddin) Mon, 01 Jan 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Revitalisasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka pada SMK Al-Asyari Bangkalan https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/58 <p>Konsep kurikulum merdeka menginspirasi pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan, memberikan kebebasan dan otonomi kepada sekolah, guru, dan siswa untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan lokal dan menggalang kerja sama yang erat dalam mewujudkan proses pendidikan yang berdaya saing dan relevan. Pentingnya kerjasama antara guru dan siswa dalam mensukseskan proses belajar mengajar menjadi faktor kunci dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Guru perlu menyesuaikan strategi, metode, dan model pembelajaran dengan fase siswa sesuai dengan yang tercantum dalam Kurikulum Merdeka untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Al-Asyari Bangkalan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada siswa. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah berhasil diterapkan dengan baik di SMK Al-Asyari Bangkalan, terutama pada kelas X dan XI, dan memberikan dampak positif bagi siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi bagi guru dan calon pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.</p> Risma Fuaida, Desi Hela Fahdiyanti, Titin Lailatul Maghfiroh, Maulidah Fitriyah, Immatul Laili, Ana Tsalitsatun Ni'mah Copyright (c) 2023 Risma Fuaida, Desi Hela Fahdiyanti, Titin Lailatul Maghfiroh, Maulidah Fitriyah, Immatul Laili, Ana Tsalitsatun Ni'mah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/58 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Kontribusi Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/63 <p>Permasalahan kinerja pegawai atau rendahnya produktivitas pegawai negeri disebabkan adanya ketidakseimbangan antara jumlah pegawai dengan volume pekerjaan yang harus ditangani, Ada juga yang mengungkapkan penyebabnya adalah sistem penggajian yang bersifat tetap, sehingga kinerja yang mendorong tidak dapat tumbuh dikalangan karyawan, karena rajin atau malas yang diterima setiap bulannya akan sama. Hal ini juga menyebabkan para karyawan kurang ingin menunjukkan ataupun mencapai prestasi kerja yang baik. Oleh karena itu, jika seorang pegawai mempunyai motivasi berprestasi dan kegiatan komunikasi yang baik maka dapat dikatakan ia akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pelaksana pendidikan non formal secara efektif. Mengingat pentingnya motivasi berpretasi dan kegiatan komunikasi maka perlu untuk melakukan penelitian ini. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Apakah terdapat kontribusi motivasi berprestasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. (2) Apakah terdapat kontribusi kegiatan komunikasi&nbsp; terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. (3) Apakah terdapat kontribusi motivasi berprestasi dan kegiatan komunikasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Motivasi berprestasi termasuk klasifikasi tinggi. Kegiatan komunikasi tergolong baik. Kemudian kinerja pegawai termasuk dalam klasifikasi yang tinggi juga. (1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kinerja pegawai. Motivasi berprestasi memberikan kontribusi sebesar 78,2% terhadap kinerja pegawai. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan kegiatan komunikasi terhadap kinerja pegawai. Kegiatan komunikasi memberikan kontribusi sebesar 70,8% terhadap kinerja pegawai. (3) Terdapat kontribusi yang signifikan motivasi berprestasi dan kegiatan komunikasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai. Motivasi berprestasi dan kegiatan komunikasi memberikan kontribusi secara bersama-sama sebesar 86,4% terhadap kinerja pegawai.</p> Jumriadi Jumriadi Copyright (c) 2023 Jumriadi Jumriadi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/63 Sat, 09 Dec 2023 00:00:00 +0000 Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/64 <p>Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mengacu pada fungsi kepala sekolah sebagai <em>e</em><em>ducator,</em> manajer, administrator, inovator, motivator<em>, leader </em>dan <em>supervisor</em>. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus di SMP Negeri 2 Tangen, Jawa Tengah. Adapun teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala SMP Negeri 2 Tangen dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar tergolong sangat aktif. Pada peran sebagai <em>educator</em>, kepala sekolah memberikan bimbingan dan pemahaman kepada guru terkait pemahaman konsep merdeka belajar. Melalui fungsi sebagai manajer dan administrator, kepala sekolah harus mematikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dikelola dengan baik dan mengacu pada suatu program yang sistematis dan terukur. Untuk peran sebagai inovator, motivator <em>leader </em>dan <em>supervisor</em>, kepala sekolah menciptakan dan mendorong ide-ide baru dan memberikan apresiasi manakala evaluasi kegiatan tersebut bisa berjalan baik dan membawa dampak positif bagi sekolah. Meskipun dalam implementasinya terdapat kendala, namun kepala sekolah responsif untuk mencarikan solusi permasalahan sehingga penerapan pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar bisa berjalan efektif.</p> Siti Khotimah, Triana Rosalina Noor Copyright (c) 2024 Siti Khotimah, Triana Rosalina Noor https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/64 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 Akuntabilitas Pengelolaan Objek Kebun Raya Mangrove terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Wonorejo Surabaya https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/51 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana akuntabilitas dalam pengelolaan objek Kebun Raya Mangrove terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan wisata harus diikuti dengan penerapan akuntabilitas yang dilakukan oleh pengelola wisata. Karena adanya perubahan keadaan dan kondisi yang digunakan, maka pengelolaan pariwisata menjadi sangat penting. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau <em>(case study) </em>yang merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif deskriptif. Akuntabilitas manajerial, akuntabilitas program, akuntabilitas kebijakan telah dikatakan memadai dan terpenuhi karena beberapa hal yaitu: dalam pengelolaan kebun raya mangrove terdapat program penghijauan yang menjadi program prioritas dalam mendirikan kebun raya mangrove Wonorejo Surabaya. Kemudian hasil dari tujuan kebijakan izin mendirikan mangrove ini adalah membuat kebun raya mangrove menjadi tempat wisata dan edukasi bagi wisatawan sehingga dampak kebun raya mangrove ini bagi masyarakat sekitar sangatlah besar untuk menambah perekoniman keluarga dan dapat membantu masyarakat sekitar yang tidak punya peluang pekerjaan di luar. Meskipun kadang pendapatan mereka tidak signifikan atau tidak menentu setiap bulannya. Sementara pada aspek dimensi akuntabilitas hukum dan kejujuran dan akutabilitas finansial masih belum memadai dan terpenuhi karena dalam pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 23 Tahun 2012 belum terlaksana maksimal. Kemudian pada pengelolaan kebun raya mangrove tidak adanya dengan pengelolaan laporan keuangan pada setiap anggaran yang di keluarkan dan pemasukan oleh <em>Mangrove Information Center</em>, sehingga belum ada pelaporan yang bisa dipertanggungjawabkan mengenai anggaran keuangan yang ada.</p> <p><strong><em> </em></strong></p> Woeri Ayu Rizqillah, Mohammad Nizarul Alim Copyright (c) 2024 Woeri Ayu Rizqillah, Mohammad Nizarul Alim https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/51 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pandangan Penggunaan Vaksin dalam Kaidah Fikih dan Ushul Fikih https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/61 <p>Permasalahan di berbagai negara yang menyangkut nyawa manusia beserta tumbuh kembangnya memerlukan penanganan khusus. Berbagai macam kasus yang melanda membuat pemerintah bersegera dalam melakukan berbagai macam upaya. Corona virus, beserta penyakit lain yang dapat menyerang tubuh manusia dengan mudah dan dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani, maka pemerintah di seluruh dunia yakin bahwa cara memutuskan mata rantai virus-virus tersebut adalah dengan menggunakan vaksin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis vaksin dalam pandangan kaidah fikih dan ushul fikih menggunakan metode kepustakaan (<em>library research</em>). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan vaksin berdasarkan kaidah fikih dan ushul fikih diperbolehkan karena manfaatnya jauh lebih banyak daripada <em>mafsadah</em> atau kerusakannya.</p> Errina Usman, Moch. Surya Hakim Irwanto Copyright (c) 2024 Errina Usman, Moch. Surya Hakim Irwanto https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/61 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 Peran Car Free Day sebagai Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Mojokerto https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/62 <p>Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pilar penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjuatan. Pemberdayaan UMKM banyak bermunculan pada kegiatan <em>Car Free Day</em> di berbagai kota termasuk Mojokerto. Oleh karena itu, <em>Car Free Day</em> memiliki potensi dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan langkah observasi dan wawancara pelaku UMKM yang beroperasi pada kegiatan <em>Car Free Day</em> wilayah Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Car Free Day</em> dapat meningkatkan 2 kali lipat pendapatan para pelaku UMKM dan PKL dibandingkan beroperasi diluar kegiatan tersebut. Peningkatan pendapatan ini terjadi karena pengunjung yang ramai dalam kegiatan <em>Car Free Day</em>. Selanjutnya, harapan besar bagi para pelaku UMKM bahwa keberlangsungan kegiatan <em>Car Free Day </em> dapat dipertahankan bahkan diperluas titik-titik wilayah Mojokerto yang belum dijangkau.</p> M. Hasan Syaifur Rizal , Mohamad Zahrudin Sahri Copyright (c) 2024 M. Hasan Syaifur Rizal , Mohamad Zahrudin Sahri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/62 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000