WORKSHOP PENYUSUNAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) PTKIS TAHUN 2023

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Sub Direktorat Pengembangan Akademik Kementerian Agama RI menyelenggarakan acara workshop bertema “Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PTKIS Tahun 2023” untuk mendukung Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dalam penyusunan dokumen SPMI. Workshop ini diikuti oleh perwakilan dari Kopertais wilayah IV Surabaya dan 18 PTKIS di bawahnya, serta Kopertais Wilayah XIV Mataram dan 18 PTKIS di bawahnya. Kegiatan Workshop ini memang sangat penting dan harus diterapkan nantinya oleh para PTKIS agar Perguruan Tinggi tetap pada jalurnya dan sesuai tujuan pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama RI. Workshop kali ini dihadiri oleh beberapa pejabat penting di lingkungan Kementerian Agama, dan menghadirkan Best-Q Institute sebagai narasumber dan fasilitator ahli, yaitu Dr. Muh Nashirudin, S.Ag., M.Ag.; Indrawati, S.S., M.Pd. CRA, CRP; dan Yusuf Nalim, S.Si., M.Si. kegiatan ini diadakan selama 3 hari di Hotel Arunika Bali.

Kegiatan Workshop pada hari pertama yaitu check in Hotel masing-masing peserta, setelah itu pembukaan dan sambutan oleh Dr. H. Mukti Bisri, M.Ag. (Sub Koordinator Mutu Akademik) dan dibuka oleh Dr. Lukman Nugraha, M.Ed. (Sub Koordinator Bina Prodi). Selanjutnya penjelasan teknis pelaksanaan pelatihan dan dilanjutkan pre-test, setelah ishoma dilanjutkan kegiatan materi tentang kebijakan nasional SPM-Dikti dan siklus PPEPP + efektifitas SPMI serta dilanjutkan praktik pembuatan kebijakan SPMI.

Pada hari kedua agenda awal yaitu materi tentang teknik menyusun pedoman SPMI dan dilanjutkan praktik penyusunan pedoman SPMI, berikutnya materi kedua tentang teknik menyusun standar SPMI dan dilanjutkan dengan praktek penyusunan standar SPMI (Pendidikan). Setelah ishoma dilanjutkan dengan praktik penyusunan standar SPMI (Penelitian, pkm, formulir) dan langsung dipraktekkan. Setelah ishoma dilanjutkan lagi dengan presentasi dan review dokumen SPMI.

Pada hari terakhir agenda kegiatannya yaitu Best Practice implementasi SPMI dan dilanjutkan Post Test dari seluruh rangkaian kegiatan. Dan acara terakhir yaitu penutupan oleh Diktis serta peserta dipersilahkan pulang kembali.

Tujuan SPMI sendiri adalah menjamin bahwa setiap layanan pendidikan kepada mahasiswa dilakukan sesuai standar yang ditetapkan, sehingga apabila diketahui bahwa standar tersebut tidak bermutu atau terjadi penyimpangan antara kondisi riil dengan standar akan segera diperbaiki, Mewujudkan transparasi dan akuntabilitas kepada masyarakat khususnya orang tua/ wali mahasiswa, tentang penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan, Serta mengajak semua pihak dalam universitas untuk bekerja mencapai tujuan dengan berpatokan pada standar dan secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan mutu.

Pada kegiatan Workshop ini dihadiri oleh Wakil Ketua 1 STAI Nurul Islam yaitu Bapak M. Ibda’u Shulhi, M.Pd dan Wakil Ketua 3 STAI Nurul Islam yaitu Ibu Sulistyowati, MH.

Related Posts

INTERNATIONAL SEMINAR & CALL FOR PAPER

STAI Nurul Islam Mojokerto mengadakan Seminar International dan Call For Paper Journal of Linguistics anRead More

PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (PBAK) STAI NURUL ISLAM MOJOKERTO TAHUN AKADEMIK 2024-2025

Senin tanggal 05 Agustus 2024, Para Mahasiswa STAI Nurul Islam berbondong-bondong menuju Guest House PP.Read More

STAI NURUL ISLAM MOJOKERTO MENGGELAR VISITING LECTURE #1

Kamis, 13 Juni 2024 STAI Nurul Islam Mojokerto menyelenggarakan Visiting Lecture #1. Visiting Lecture #1Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *