STAI NURUL ISLAM MOJOKERTO MENGGELAR VISITING LECTURE #1

Kamis, 13 Juni 2024 STAI Nurul Islam Mojokerto menyelenggarakan Visiting Lecture #1. Visiting Lecture #1 ini disampaikan oleh Bapak Dr. Muhd Ibrahim Bin Muhamad Damanhuri. Beliau adalah Dosen Fakultas Matematika dan Sains, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia. Visiting Lecture #1 dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Topik yang diangkat dalam kegiatan Visiting Lecture #1 kali ini yaitu “Integration of Green Screen and ChatGPT in Education”.

Visiting Lecture #1 dipandu oleh Ibu Nur Jamilah, M.Pd. sebagai moderator, beliau adalah Dosen Tadris Bahasa Inggris, STAI Nurul Islam Mojokerto. Peserta dalam kegiatan ini yaitu mahasiswa IUP dari semua prodi (Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris, Ekonomi Syariah, dan Pendidikan Agama Islam) dan Dosen STAI Nurul Islam.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Ahmad Maulana Hanafi, Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Nurul Islam Mojokerto. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars STAI Nurul Islam dan Mars Nurul Islam serta menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan secara simbolis oleh Bapak Muhammad Ibda’u Shulhi, M.Pd., selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik, STAI Nurul Islam Mojokerto. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Visiting Lecture yang diadakan seperti ini akan terus dikembangkan guna untuk memberikan tambahan wawasan keilmuan baik bagi mahasiswa khususnya ataupun bagi Bapak/Ibu Dosen STAI Nurul Islam Mojokerto. Selain itu, kegiatan visiting lecture ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memperluas jejaring kerjasama agar STAI Nurul Islam Mojokerto dapat memperluas khidmahnya tidak hanya di kancah nasional tetapi juga di kancah internasional.

Selanjutnya, materi disampaikan dengan penuh semangat oleh Bapak Dr. Muhd Ibrahim Bin Muhamad Damanhuri. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan materi tentang integrasi antara Green Screen dan ChatGPT dalam pemanfaatannya di dunia pendidikan. Green Screen merupakan backdrop besar atau background warna hijau yang ditempatkan di atas latar belakang atau objek gambar. Green Screen ini dapat dimanfaatkan untuk memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran mikro. Dalam penyampaian materi, beliau menekankan bahwasanya dalam proses pemanfaatan Green Screen harus memperhatikan efek pencahayaan, dikarenakan ketika pencahayaan yang diberikan bagus maka hasil yang didapatkan juga akan maksimal. Selain itu, mahasiswa juga harus mampu memanfaatkan teknologi atau AI untuk memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini seperti ChatGPT yang dapat dimanfaatkan untuk menelusur kata atau kalimat, gambar dan sebagainya.

Setelah penyampaian materi usai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pembacaan do’a. (ain)

Related Posts

INTERNATIONAL SEMINAR & CALL FOR PAPER

STAI Nurul Islam Mojokerto mengadakan Seminar International dan Call For Paper Journal of Linguistics anRead More

PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (PBAK) STAI NURUL ISLAM MOJOKERTO TAHUN AKADEMIK 2024-2025

Senin tanggal 05 Agustus 2024, Para Mahasiswa STAI Nurul Islam berbondong-bondong menuju Guest House PP.Read More

KEBERANGKATAN IBADAH HAJI KETUA STAI NURUL ISLAM MOJOKERTO

Mojokerto, 28 Mei 2024 M. atau 20 Dzulqoidah 1445 H.Alhamdulillah, Pada hari ini, Keluarga BesarRead More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *