Profil Program Studi Tadris Bahasa Inggris
VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI
Visi | |
Visi STAI Nurul Islam | Visi Prodi Tadris Bahasa Inggris |
Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Islam Mojokerto yang Unggul dan Berkarakter Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah. | Menyelenggarakan Program Studi Tadris Bahasa Inggris yang Unggul di Bidang Pengajaran dan Penelitian dengan mengembangkan Foreign Language Teaching dan The Implementation of Aswaja An-Nahdliyah Studies Berlandasan nilai-nilai keislaman. |
Misi | |
Misi STAI Nurul Islam | Misi Prodi Tadris Bahasa Inggris |
Melestarikan paham ahlussunnah wal jamaah an nahdliyah.Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum.Menyelenggarakan sistem akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi yang profesional dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat.Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul sebagai refleksi aktual ajaran agama Islam.Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan baik dengan lembaga pemerintah, swasta di tingkat regional, nasional, dan internasional. Menumbuhkan sistem akademik yang berakhlakul karimah, kreatif, inovatif, mandiri, bijaksana, kondusif, dan nyaman dalam rangka menunaikan tridharma perguruan tinggi sebagai manifestasi dakwah islamiah.Memberi kontribusi bagi kemajuan masyarakat melalui berbagai program pembelajaran, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. | Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dalam penguasaan pengetahuan Bahasa Inggris, teknologi digital, dan nilai-nilai keislaman sebagai pendidik (calon guru, mentor, tutor, dan trainer) pada jenjang MI, MTs, MA/MAK serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan ditingkat regional, nasional, maupun internasional.Mewujudkan Praktisi Bahasa Inggris (penerjemah, interprener, asisten peneliti, pengembangan bahan ajar, dan content creator) yang kompeten dan profesional dengan memadukan keilmuan Bahasa Inggris, teknologi digital dan nilai-nilai keislaman, serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan ditingkat regional, nasional, maupun internasional.Melaksanakan Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki basic Aqidah Aswaja An-Nahdliyah dengan memadukan keilmuan Bahasa Inggris, teknologi digital, dan nilai-nilai keislaman serta memiliki kemampuan kerja, kemampuan manajerial, tanggungjawab dan mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan di Tingkat regional, nasional, maupun internasional. |
Tujuan | |
Tujuan PT | Tujuan UPPS |
Tujuan STAI Nurul Islam Mojokerto adalah melaksanakan dakwah Islamiah melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara profesional untuk menghasilkan sarjana Islam yang berbudi dan kompetitif. | Menghasilkan pendidik yang berakhlakul karimah dan kompeten dalam bidang Pendidikan Bahasa inggris baik di lingkungan formal dan non formal dengan memiliki rasa loyalitas terhadap lembaga yang di tempati, dan memiliki integritas moral yang baik didalam pribadinya, dalam rangka melaksanakan dakwah islamiah. Manajer Pendidikan. Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris menjadikan seseorang yang ahli dalam administrasi pendidikan, bekerja sebagai manajer di lembaga pendidikan Islam secara amanah dan professional.Peneliti Pendidikan. Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris menjadikan Seorang peneliti muda yang bisa mengembangkan metode, model dan inovasi pendidikan islam yang berkwalitas melalui penelitian pendidikan yang baik, amanah dan profesional.Sebagai Praktisi Bahasa Inggris (penerjemah, interprener, asisten peneliti, pengembangan bahan ajar, dan content creator) yang kompeten dan profesional dengan memadukan keilmuan Bahasa Inggris, teknologi digital dan nilai-nilai keislaman, serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan ditingkat regional, nasional, maupun internasional. |
Strategi Pencapaian VMT | |
Strategi PT | Strategi UPPS |
Mengembangkan pendidikan yang menggunakan pendekatan kepesantrenan dan integrative.Mengembangkan penelitian berbasis potensi lokal, kearifan lokal, dan riset tentang pengembangan pendidikan dan ekonomi.Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan pada riset dan tantangan kekinian. | Mensosialisasikan dan mempromosikan prodi melalui multi metode dan multimedia kepada mahasiswa, stakeholder, sekolah, dan Masyarakat yang memiliki kepentingan.Memberikan penguatan secara kontinu status akreditasi prodi.Mensosialisasikan dokumen-dokumen Visi-Misi dan Kurikulum Program Studi kepada mahasiswa, dosen, stakeholder, dan tendik.Mengembangkan kurikulum berbasis KKNI/SN DIKTI/Capaian.Menyediakan RPS-RTM dan Buku Ajar ber ISBN semua mata kuliah.Menggunakan pembelajaran berbasis kasus/projest dan e-learning.Melakukan Kerjasama dengan semua pihak untuk mendukung pelaksanaan tridharma PT.Membuat system tata Kelola Tadris Bahasa Inggris yang baik dan professional berbasis ICT untuk mendukung pelaksanaan Tridharma PT.Membuat kuesioner untuk mengevaluasi pembelajaran secara periodic guna pengembangan kebijakan perbaikan pembelajaran.Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan Bahasa asing dengan syarat lulus TOEFL 475Menjalankan program pertukaran mahasiswa tadris bahasa inggris (MBKM).Mendorong publikasi ilmiah mahasiswa pada jurnal ilmiah nasional dan atau internasional.Melakukan tracer study keserapan alumni di pasar kerja, waktu tunggu, prestasi, dan tanggapan pengguna.Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam pembelajaran, pelatihan/workshop/lokakarya/sejenisnya.Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam metodologi ilmiah dan publikasi ilmiah.Memberikan penguatan kapasitas dosen dalam pencapaian HKI dan Paten.Mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait dengan bidang keilmuannya,Mendorong dosen untuk membuat produk penelitian dan pengabdian yang mengkaji masalah yang sesuai dengan bidang keilmuannya. |
MATA KULIAH
No. | Kode Prodi | Nama Prodi | Semester | Kode Makul | Mata Kuliah | Keterangan Makul (Wajib/Pilihan) | SKS |
1 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | MKU-101 | Aswaja An-Nahdliyah | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
2 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | MKU-102 | Pengantar Filsafat Pendidikan | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
3 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | MKU-103 | Ilmu Alamiah Dasar | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
4 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | MKU-104 | Pendidikan Pancasila | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
5 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | MKU-105 | PPT (Komputer) | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
6 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | TBI-101 | IEC: Basic English Structure | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
7 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | TBI-102 | IEC: Basic English Listening | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
8 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | TBI-103 | IEC: Basic English Reading | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
9 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | TBI-104 | IEC: Basic English Speaking | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
10 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | TBI-105 | IEC: Pronounciation Focus | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
11 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 1 | TBI-106 | Vocabulary Enrichment | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
Jumlah | 22 sks | ||||||
1 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | MKU-206 | Filsafat Ilmu | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
2 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | MKU-207 | Bahasa Indonesia | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
3 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | MKU-208 | Studi Qur’an | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
4 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | MKU-209 | ISBD | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
5 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | TBI-207 | Intermediate English Grammar | Mata Kuliah Wajib Prodi | 3 |
6 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | TBI-208 | Literal listening | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
7 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | TBI-209 | Literal Reading | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
8 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | TBI-210 | Advanced Pronunciation | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
9 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | TBI-211 | Paragraph Writing | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
10 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | TBI-212 | Speaking for Everyday Communication | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
11 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 2 | TBI-213 | English for IBS | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
Jumlah | 23 sks | ||||||
1 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | MKU-310 | Profesi Keguruan | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
2 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | MKU-311 | Pengembangan Bahan Ajar | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
3 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | MKU-312 | Kepemimpinan | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
4 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | MKU-313 | Kewirausahaan | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
5 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | MKU-314 | Teori Belajar | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
6 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | MKU-315 | Pendidikan Kewarganegaraan | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
7 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | TBI-314 | Introduction to Linguistics | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
8 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | TBI-315 | Interpretive Listening | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
9 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | TBI-316 | Speaking for Group Activities | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
10 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | TBI-317 | Essay Writing | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
11 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 3 | TBI-318 | Complex English Grammar | Mata Kuliah Wajib Prodi | 3 |
Jumlah | 23 sks | ||||||
1 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | MKU-416 | Statistika Pendidikan | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
2 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | MKU-417 | Evaluasi Pembelajaran | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
3 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | MKU-418 | Perencanaan Pembelajaran | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
4 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | MKU-419 | Jurnalistik | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
5 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | MKU-420 | Teknik Penulisan Ilmiah | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
6 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | TBI-419 | Semantics | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
7 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | TBI-420 | TEFL | Mata Kuliah Wajib Prodi | 3 |
8 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | TBI-421 | Syntax | Mata Kuliah Wajib Prodi | 3 |
9 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | TBI-422 | Intoduction to Literature | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
10 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | TBI-423 | English Phonology | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
11 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 4 | TBI-424 | Morphology | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
Jumlah | 24 sks | ||||||
1 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | MKU-521 | Metode Penelitian Kualitatif | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
2 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | MKU-522 | Metode Penelitian Kuantitatif | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
3 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | MKU-523 | Micro Teaching | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
4 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | TBI-525 | Kajian Kitab* | Mata Kuliah Pilihan Prodi | 2 |
5 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | TBI-526 | Language Testing | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
6 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | TBI-527 | TEFL II | Mata Kuliah Wajib Prodi | 3 |
7 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | TBI-528 | Cross Cultural Understanding | Mata Kuliah Prodi | 2 |
8 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | TBI-529 | English Prose | Mata Kuliah Prodi | 2 |
9 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | TBI-530 | Fundamental Translation | Mata Kuliah Prodi | 3 |
10 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | TBI-531 | English Drama* | Mata Kuliah Prodi | 2 |
11 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 5 | TBI-532 | Pragmatics | Mata Kuliah Prodi | 2 |
Jumlah | 24 sks | ||||||
1 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | TBI-633 | Advanced Translation | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
2 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | TBI-634 | Research in ELT | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
3 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | TBI-635 | IT n ELT | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
4 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | TBI-636 | TOEFL Preparation | Mata Kuliah Wajib Prodi | 3 |
5 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | TBI-637 | Guide and Tourism* | Mata Kuliah Pilihan Prodi | 2 |
6 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | TBI-638 | Critical Literacy* | Mata Kuliah Pilihan Prodi | 2 |
7 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | MKU-624 | Classroom Action Research | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
8 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | MKU-625 | Hadits Tarbawi | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
9 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | MKU-626 | Pendidikan Anti Korupsi | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
10 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 6 | MKU-627 | Proposal Seminar | Mata Kuliah Umum Wajib | 3 |
Jumlah | 22 sks | ||||||
1 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 7 | TBI-739 | Sociolinguistics | Mata Kuliah Wajib Prodi | 2 |
2 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 7 | TBI-740 | Praktikum Pengembangan Profesi | Mata Kuliah Pilihan Prodi | 2 |
3 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 7 | MKU-728 | PPL | Mata Kuliah Umum Wajib | 4 |
4 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 7 | MKU-729 | Kuliah Kerja Nyata | Mata Kuliah Umum Wajib | 3 |
5 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 7 | MKU-730 | Psycholinguistics | Mata Kuliah Umum Wajib | 2 |
Jumlah | 13 sks | ||||||
1 | 88222 | Tadris Bahasa Inggris | 8 | TBI-841 | Skripsi | Mata Kuliah Wajib Prodi | 6 |
Jumlah | 6 sks |
DESKRISPSI MATA KULIAH
KODE | Mata Kuliah | Deskripsi |
MKU-104 | Pancasila dan Kewarganegaraan | Mata kuliah Pendidikan Pancasila bertujuan untuk membentuk mahasiswa agar memiliki pemahaman yang mendalam dan komprehensif tentang nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi negara, dasar negara, dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diajak untuk mengkaji sejarah lahirnya Pancasila, makna sila-sila dalam Pancasila, serta peran dan relevansinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik dalam konteks historis maupun kekinian. |
MKU-315 | Pendidikan Kewarganegaraan | Mata kuliah ini merupakan format baru pendidikan demokrasi di Indonesia dengan pendekatan yang lebih humanis partisipatoris sehingga menghasilkan anak didik /mahasiswa yang memiliki kecakapan partisipatif dan bertanggungjawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjadikan mahasiswa sebagai warga negara yang cerdas, aktif, kritis, demokratis dan anti korupsi namun tetap komitmen menjaga persatuan dan integritas bangsa serta mengembangkan kultur demokrasi yang berkeadaban, memahami dan menjunjung tinggi HAM, termasuk hak perempuan dan anak serta memiliki integritas tinggi terhadap kemajuan bangsa dan Negara dalam membentuk karakter kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. |
MKU-207 | Bahasa Indonesia | Bahasa Indonesia merupakan bahasa bangsa Indonesia. Sebagai kelompok akademisi bangsa, sudah sepatutnya mahasiswa Indonesia memiliki keterampilan berbahasa untuk meningkatkan integritasnya sebagai warga bangsa Indonesia. Keterampilan berbahasa itu mencakup aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempatnya diramu ke dalam beberapa topik, yakni 1) hakikat dan fungsi bahasa; 2) sejarah, fungsi dan kedudukan serta ragam bahasa Indonesia; 3) ejaan bahasa Indonesia; 4) kebakuan bahasa Indonesia, 5) pembentukan kata, jenis, dan relasi makna kata; 6) kalimat; 7) paragraf; 8) tema, topik, dan judul; 9) Penggolongan dan kerangka karangan; 10) kutipan dan notasi ilmiah; 11) daftar pustaka; 12) karya ilmiah: skripsi, makalah, artikel, dan resensi; 13) teknik diskusi dan praktik menulis karya ilmiah, dan 14) analisis hasil karya Ilmiah. |
MKU-101 | Aswaja An-Nahdliyah | Mata kuliah Aswaja An-Nahdliyah merupakan kajian dasar yang membahas paham Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) sebagaimana dipahami dan diamalkan oleh Nahdlatul Ulama (NU). Materi dalam mata kuliah ini meliputi pemahaman tentang landasan epistemologis, teologis, fikih, dan tasawuf dalam tradisi Aswaja; sejarah perkembangan pemikiran Islam dalam kerangka Aswaja; serta tokoh-tokoh utama yang berpengaruh dalam membentuk karakter Aswaja. |
MKU-102 | Pengantar Filsafat Ilmu | Mata Kuliah ini menelaah kembali sejarah (periodesasi) dan pemikiran para filosof terdahulu sebagai pelajaran cara berpikir, mempelajari dasar-dasar dalam berpikir, mempelajari dasar- dasar ilmu pengetahuan (filsafat Ilmu),ukuran kebenaran dalam pengetahuan, memperkenalkan epistemologi keilmuan Islamyang dihubungkan dengan dunia pendidikan, dan mempelajari filsafat pendidikan Islam sebagai paradigma keguruan.Pembahasan mata kuliah ini tentang : arti dan ciri-ciri filsafat, asal-usul (periodesasi) tema filsafat dan kegunaannya, objek filsafatdan dunia pendidikan, aliran dan cabang filsafat,sejarah periodesasi filsafat dari zaman Yunani Klasik sampai zaman modern, filsafat ilmu, beberapa prosedur berpikir, pengetahuan dan ukuran kebenaran, epistemologi keilmuan islam, dan filsafat pendidikan islam. |
TBI-101 | Intensive English Course: Structure | Mata kuliah Intensive English Course: Structure dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai struktur dan tata bahasa (grammar) dalam bahasa Inggris secara intensif. Fokus utama mata kuliah ini adalah penguasaan aspek-aspek fundamental struktur bahasa Inggris, termasuk parts of speech, tenses, sentence patterns, clause and phrase constructions, subject-verb agreement, serta penggunaan yang tepat dalam konteks akademik dan komunikasi sehari-hari. |
TBI-102 | Intensive English Course: Listening | Mata kuliah ini dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa dengan pengalaman belajar teoretis dan praktis dalam mendengarkan secara intensif, termasuk bagaimana menanggapi ucapan bahasa Inggris dengan tepat. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi secara efektif melalui keterampilan mendengarkan yang baik. |
TBI-103 | Intensive English Course: Speaking | Mata kuliah ini membahas: konsep dasar komunikasi, teknik berbicara sebagai komunikasi lisan, penggunaan ekpresi-ekspresi kebahasaan untuk komunikasi kehidupan sehari-hari dalam bahasa inggris. Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu berkomunikasi secara lisan menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari- hari dalam bahasa inggris baik (efektif dan efisien). Proses perkuliahan ini menggunakan pendekatan praktek. Penilaian mahasiswanya dilakukan dengan penilaian proses dan hasil. |
TBI-104 | Intensive English Course: Reading | Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan Mahasiswa dengan pengalaman membaca dalam berbagai teks dan aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Mahasiswa juga belajar bagaimana mendapatkan topik dan informasi pendukung teks. |
MKU-625 | Hadis Tarbawi | Mata kuliah ini mengkaji tentang Ulumul Hadis yang mencakup: Pengertian hadis, atsar, khabar dan sunnah; Unsur-unsur Hadis; Sejarah pembentukan dan penyebaran serta Tadwinul Hadis, Sejarah perkembangan ilmu hadis dan cabang-cabang ilmu hadis serta foKus kajian masing-masing; Inkarus Sunnah; Macam-macam hadis baik ditinjau dari segi kuantitas maupun dari segi kualitasnya; Macam-macam Hadis Dla’if, Naqd al-Hadits (Kritik Hadis), Pendekatan Memahami Hadis, dan Takhrijul Hadis. |
MKU-523 | Microteaching | Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan dan melatih mahasiswa dalam menerapkan berbagai teori pembelajaran dalam skala kecil dalam bentuk simulasi pembelajaran. Melalui pelatihan simulasi pembelajaran tersebut, mereka siap secara fisik dan mental melakukan tugas mengajar sebelum terjun melaksanakan tugas Praktik Mengajar. |
MKU-730 | Kuliah Kerja Lapangan | Mata kuliah ini bertujuan melatih mahasiswa dalam menerapkan berbagai teori pembelajaran dalam skala kecil dalam bentuk simulasi pembelajaran. Melalui pelatihan simulasi pembelajaran tersebut, mereka siap secara fisik dan mental melakukan tugas mengajar sebelum terjun melaksanakan tugas. |
MKU-627 | Kuliah Kerja Nyata | Kegiatan ini merupakan intrakurikuler yang pelaksanaannya mempertimbangkan keterpaduan aspek tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. |
TBI-106 | Vocabulary Enrichment | Mata kuliah Vocabulary Enrichment bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris mahasiswa secara signifikan, baik dari segi jumlah, makna, maupun penggunaannya dalam berbagai konteks. Materi dalam mata kuliah ini mencakup pengembangan kosakata tematik, sinonim-antonim, idiom, phrasal verbs, collocations, serta strategi pembelajaran kosakata seperti penggunaan konteks, word formation (prefix, suffix, root), dan teknik mnemonik. |
TBI-105 | IEC: Pronounciation Focus | irancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan pelafalan (pronunciation) bahasa Inggris yang akurat dan dapat dimengerti dalam konteks komunikasi lisan. Materi pembelajaran meliputi bunyi vokal dan konsonan dalam bahasa Inggris, stress (penekanan suku kata), intonation (intonasi), rhythm (ritme), linking sounds, serta aspek suprasegmental lainnya. |
MKU-206 | Filsafat Ilmu | Mata kuliah Filsafat Ilmu membahas secara mendalam hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandang filosofis. Mata kuliah ini mengkaji asal-usul, struktur, metode, dan tujuan ilmu pengetahuan, serta hubungan antara ilmu, filsafat, dan realitas. Fokus utama mencakup kajian tentang epistemologi (teori pengetahuan), ontologi (hakikat keberadaan), dan aksiologi (nilai-nilai dalam ilmu), termasuk isu-isu seperti kebenaran ilmiah, rasionalitas, objektivitas, serta etika dalam pengembangan ilmu. |
MKU-103 | Ilmu Alamiah Dasar | Mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep fundamental dalam ilmu-ilmu alam (fisika, kimia, biologi, dan geosains) serta relevansinya dalam kehidupan sehari-hari dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Materi mencakup hakikat dan metode ilmiah, keteraturan alam, struktur dan sifat materi, energi dan perubahannya, ekosistem, serta keterkaitan antara manusia dan lingkungan alam. |
MKU-105 | PPT (Komputer) | Mata kuliah Pengantar Penggunaan Teknologi (PPT) memberikan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dalam mengoperasikan komputer serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efektif dalam konteks akademik dan profesional. Materi pembelajaran mencakup pengenalan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), sistem operasi, manajemen file, penggunaan aplikasi perkantoran (seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint), serta dasar-dasar internet dan keamanan digital. |
MKU-728 | PPL | Mata kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah praktik yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu, teori, dan keterampilan kependidikan yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam dunia nyata, khususnya di lingkungan satuan pendidikan (sekolah). Mahasiswa ditempatkan di sekolah mitra untuk menjalani pengalaman langsung sebagai calon pendidik, meliputi kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, serta kegiatan administrasi dan manajerial lainnya di sekolah. |
MKU-624 | PTK | Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian tindakan yang dilakukan di dalam kelas sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Materi mencakup konsep dasar PTK, karakteristik dan tujuan PTK, perbedaan PTK dengan jenis penelitian lain, langkah-langkah pelaksanaan PTK (perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi), serta teknik analisis data dan penyusunan laporan PTK. |
MKU-208 | Studi Qur’an | Mata kuliah Studi Qur’an membahas secara komprehensif mengenai Al-Qur’an dari berbagai aspek, baik historis, konseptual, maupun metodologis. Materi yang dikaji mencakup pengertian dan kedudukan Al-Qur’an, sejarah turunnya wahyu, proses kodifikasi, pembagian ayat (makkiyah dan madaniyah), ilmu-ilmu Al-Qur’an (‘Ulumul Qur’an), serta metode tafsir klasik dan kontemporer. |
TBI-213 | English for IBS | Mata kuliah English for Islamic Business Studies (IBS) dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Inggris yang kontekstual dan relevan dalam bidang bisnis Islam. Fokus utama mata kuliah ini adalah penguasaan kosakata, ungkapan, dan struktur bahasa Inggris yang digunakan dalam aktivitas bisnis syariah, seperti transaksi jual beli, perbankan Islam, akad muamalah, pemasaran, laporan keuangan, serta etika bisnis Islam. |
TBI-212 | Speaking for Everday Communication | Mata kuliah Speaking for Everyday Communication bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris secara efektif dalam situasi komunikasi sehari-hari. Materi pembelajaran mencakup ekspresi dan ungkapan umum (greetings, introductions, asking for/giving directions, making requests, offering help, expressing opinions, dll.), kosakata tematik, serta latihan dialog dan percakapan berbasis konteks sosial dan budaya. |
MKU- 209 | ISBD | Mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai manusia sebagai makhluk sosial dan budaya dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Materi yang dibahas meliputi konsep dasar ilmu sosial dan budaya, dinamika interaksi sosial, nilai dan norma, kebudayaan, perubahan sosial, serta tantangan kehidupan sosial-budaya di era globalisasi. |
TBI-207 | Intermediate English Grammar | Mata kuliah Intermediate English Grammar bertujuan untuk memperkuat penguasaan mahasiswa terhadap tata bahasa Inggris tingkat menengah yang digunakan dalam komunikasi lisan dan tulisan. Materi dalam mata kuliah ini mencakup struktur gramatikal yang lebih kompleks, seperti berbagai bentuk tenses, passive voice, direct and indirect speech, noun clauses, adjective clauses, adverbial clauses, conditional sentences, gerunds, infinitives, dan penggunaan modals secara tepat |
TBI-208 | Literal Listening | Mata kuliah Literal Listening bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dasar menyimak mahasiswa dalam memahami informasi secara eksplisit dari berbagai jenis teks lisan berbahasa Inggris. Fokus utama mata kuliah ini adalah kemampuan memahami makna harfiah (literal meaning) dari ujaran yang didengar, seperti ide pokok, detail penting, urutan peristiwa, serta informasi faktual lainnya. |
MKU-209 | Literal Reading | Mata kuliah Literal Reading bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dasar mahasiswa dalam memahami teks bacaan bahasa Inggris secara literal atau harfiah. Fokus utama pembelajaran adalah pada pemahaman langsung terhadap informasi yang secara eksplisit tertulis dalam teks, seperti ide pokok, detail penting, urutan kejadian, tokoh, tempat, waktu, dan fakta-fakta yang disampaikan secara jelas. |
TBI-210 | Advanced Pronunciation | Mata kuliah Advanced Pronunciation dirancang untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menguasai aspek pelafalan bahasa Inggris pada tingkat lanjut. Fokus utama pembelajaran mencakup penyempurnaan pengucapan bunyi-bunyi vokal dan konsonan, serta aspek suprasegmental seperti stress, intonation, rhythm, linking, assimilation, dan reductions yang lazim digunakan dalam bahasa Inggris lisan alami. |
TBI-211 | Paragraph Writing | Mata kuliah Paragraph Writing bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dasar menulis paragraf yang baik dan terstruktur dalam bahasa Inggris. Materi pembelajaran mencakup pengenalan konsep paragraf, elemen-elemen utama (topik kalimat, kalimat pendukung, dan kalimat penutup), pengembangan ide secara logis, serta penggunaan berbagai jenis paragraf seperti paragraf deskriptif, naratif, ekspositoris, dan argumentatif. |
TBI-526 | Language Testing | Mata kuliah Language Testing membahas prinsip, konsep, dan teknik dasar dalam evaluasi serta pengujian kemampuan bahasa. Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai jenis tes bahasa yang valid dan reliabel. Materi meliputi jenis-jenis tes (tes objektif dan subjektif), karakteristik tes yang baik (validitas, reliabilitas, praktikalitas), teknik penyusunan soal untuk keterampilan bahasa (listening, speaking, reading, writing), serta interpretasi hasil tes. |
TBI-527 | TEFL II | Mata kuliah TEFL II merupakan kelanjutan dari TEFL I yang berfokus pada pengembangan teori dan praktik pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing secara lebih mendalam. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari pendekatan, metode, dan teknik pengajaran untuk keterampilan bahasa seperti speaking, writing, listening, dan reading secara terpadu. Selain itu, dibahas juga strategi pembelajaran berbasis komunikasi, pembelajaran berbasis tugas (task-based learning), serta penggunaan media dan teknologi dalam pengajaran bahasa. |
TBI-528 | English Phonology | Mata kuliah English Phonology membahas sistem bunyi dalam bahasa Inggris secara ilmiah dan terstruktur. Mahasiswa akan mempelajari unit-unit bunyi (fonem), proses fonologis, serta aturan-aturan yang mengatur hubungan antar bunyi dalam kata dan ujaran. Materi utama mencakup segmental phonology (vokal dan konsonan), suprasegmental features (intonasi, tekanan kata, ritme, dan junctures), serta simbol fonetik berdasarkan International Phonetic Alphabet (IPA). |
TBI-529 | English Prose | Mata kuliah English Prose bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan pemahaman mahasiswa terhadap karya-karya prosa dalam sastra Inggris, baik fiksi maupun nonfiksi. Fokus utama mata kuliah ini mencakup kajian terhadap unsur-unsur intrinsik prosa seperti tema, plot, karakter, sudut pandang, latar, dan gaya bahasa, serta analisis terhadap makna dan pesan yang terkandung dalam karya sastra tersebut. |
TBI-530 | Fundamental Translation | Mata kuliah Fundamental Translation dirancang untuk memperkenalkan dasar-dasar teori dan praktik penerjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Materi mencakup konsep dasar penerjemahan, jenis-jenis teks, strategi penerjemahan, perbedaan struktur bahasa sumber dan bahasa target, serta teknik dalam mengatasi berbagai masalah linguistik dan budaya yang muncul dalam proses penerjemahan. |
TBI-531 | English Drama | Mata kuliah English Drama bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada bentuk, struktur, dan elemen-elemen utama dalam karya drama berbahasa Inggris. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis dan periode drama, mulai dari drama klasik hingga kontemporer, serta memahami perkembangan tema, karakter, konflik, dan teknik pementasan dalam karya sastra tersebut. |
TBI-532 | Pragmatics | Mata kuliah Pragmatics membahas studi tentang makna bahasa dalam konteks penggunaannya, dengan fokus pada bagaimana makna ditentukan tidak hanya oleh struktur linguistik tetapi juga oleh situasi komunikasi. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep utama seperti konteks, deixis, implikatur, tindak tutur (speech acts), prinsip kerja sama (cooperative principle), kesantunan (politeness theory), dan presuposisi. |
TBI-633 | Advanced Translation | Mata kuliah Advanced Translation dirancang untuk mengembangkan keterampilan lanjutan mahasiswa dalam menerjemahkan berbagai jenis teks secara akurat, alami, dan profesional dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Fokus utama terletak pada penerapan strategi dan teknik penerjemahan dalam teks-teks kompleks yang bersifat akademik, teknis, sastra, hukum, bisnis, dan budaya. |
TBI-634 | Research in ELT | Mata kuliah Research in ELT bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis dan praktis dalam melakukan penelitian di bidang pengajaran bahasa Inggris. Materi pembelajaran mencakup dasar-dasar metodologi penelitian, perumusan masalah penelitian, kajian pustaka, desain penelitian kualitatif dan kuantitatif, instrumen pengumpulan data, teknik analisis data, serta penyusunan laporan penelitian. |
TBI-635 | IT n ELT | Mata kuliah IT in ELT bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. |
TBI-636 | CCU | Mata kuliah Cross-Cultural Understanding (CCU) bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis dan praktis mengenai konsep budaya dan bagaimana budaya memengaruhi cara berkomunikasi, berpikir, dan berperilaku. Fokus utama pembelajaran adalah pada pengenalan nilai-nilai, norma, kebiasaan, dan pola interaksi lintas budaya, khususnya dalam konteks komunikasi antarbangsa, pendidikan, dan hubungan internasional. |
TBI-637 | Guiding and Tourism | Mata kuliah Guiding and Tourism bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam dunia kepariwisataan, khususnya dalam bidang pemanduan wisata (tour guiding). Materi pembelajaran mencakup konsep dasar pariwisata, peran dan tanggung jawab pemandu wisata, jenis-jenis wisata (budaya, alam, religi, dll.), teknik pemanduan (tour commentary, handling tourists, itinerary planning), serta komunikasi efektif dalam konteks pariwisata. |
TBI-638 | Critical Literacy | Mata kuliah Critical Literacy dirancang untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam membaca, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai jenis teks secara kritis. Mahasiswa diajak untuk tidak hanya memahami isi teks secara literal, tetapi juga untuk mengungkap makna tersembunyi, ideologi, bias, serta kekuasaan yang terkandung dalam teks tertulis maupun non-tulisan (visual, media digital, dll). |
MKU-626 | Pendidikan Anti Korupsi | Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai integritas, kejujuran, tanggung jawab, dan sikap anti korupsi kepada mahasiswa sebagai bagian dari pendidikan karakter dan kewarganegaraan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diajak untuk memahami secara mendalam tentang pengertian, bentuk, penyebab, dampak, serta strategi pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. |
TBI-739 | TOEFL Prep | Mata kuliah TOEFL Preparation dirancang untuk membekali mahasiswa dengan strategi, keterampilan, dan pengetahuan yang diperlukan dalam menghadapi tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language), khususnya jenis TOEFL ITP maupun TOEFL iBT. Fokus utama pembelajaran mencakup tiga komponen utama TOEFL: Listening Comprehension, Structure and Written Expression, serta Reading Comprehension. |
TBI-740 | Classroom Action Research | Mata kuliah Classroom Action Research (CAR) dirancang untuk membekali mahasiswa, khususnya calon guru atau praktisi pendidikan, dengan pemahaman dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan pendekatan penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. |
MKU-729 | Seminar Proposal | Mata kuliah Seminar Proposal merupakan tahap awal dalam proses penulisan skripsi atau tugas akhir mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk membimbing mahasiswa dalam merancang dan menyusun proposal penelitian yang sistematis, logis, dan ilmiah sesuai dengan bidang keilmuannya. Mahasiswa akan belajar menyusun latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, kerangka teori, metode penelitian, serta menyusun format proposal secara akademik. |
TBI-841 | Skripsi | Mata kuliah Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan program sarjana (S1). Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan metode ilmiah yang telah diperoleh selama perkuliahan dalam bentuk penelitian ilmiah yang sistematis dan terarah. |
MKU-310 | Profesi Keguruan | Mata kuliah Profesi Keguruan membahas secara mendalam tentang hakikat, peran, tanggung jawab, dan kompetensi guru sebagai tenaga profesional dalam dunia pendidikan. Mahasiswa diajak untuk memahami guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pendidik, pembimbing, pembaharu, dan teladan dalam pengembangan karakter serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. |
MKU-311 | Pengembangan Bahan Ajar | Mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, kurikulum, dan konteks pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar pengembangan bahan ajar, jenis-jenis bahan ajar (cetak dan digital), serta teknik penyusunan materi yang menarik, efektif, dan sesuai dengan karakteristik pembelajar. |
MKU-312 | Kepemimpinan | Mata kuliah Kepemimpinan membahas konsep, teori, dan praktik kepemimpinan dalam berbagai konteks organisasi, khususnya di bidang pendidikan dan sosial. Mahasiswa akan mempelajari karakteristik pemimpin yang efektif, gaya-gaya kepemimpinan, serta keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk memimpin secara etis, inspiratif, dan transformatif. |
MKU-313 | Kewirausahaan | Mata kuliah Kewirausahaan dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar dalam menciptakan dan mengelola usaha secara kreatif dan inovatif. Fokus utama mata kuliah ini adalah menumbuhkan jiwa wirausaha (entrepreneurial mindset) yang tangguh, mandiri, serta mampu membaca peluang dan mengelola risiko dalam dunia bisnis. |
MKU-314 | Teori Belajar | Mata kuliah Teori Belajar membahas berbagai pendekatan, prinsip, dan teori dasar yang menjelaskan bagaimana individu memperoleh, memproses, dan menyimpan pengetahuan serta keterampilan. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori belajar klasik hingga kontemporer, seperti behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, humanisme, dan teori belajar sosial, serta implikasinya dalam proses pembelajaran. |
TBI-314 | Intro to Linguistics | Mata kuliah Introduction to Linguistics memperkenalkan mahasiswa pada kajian ilmiah tentang bahasa. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar linguistik dan cabang-cabang utama dalam ilmu bahasa, seperti fonologi (bunyi bahasa), morfologi (struktur kata), sintaksis (struktur kalimat), semantik (makna), dan pragmatik (konteks penggunaan bahasa). Selain itu, dibahas pula bidang-bidang terkait seperti sosiolinguistik, psikolinguistik, dan bahasa dalam konteks sosial dan budaya. |
TBI-315 | Interpretive Listening | Mata kuliah Interpretive Listening bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menafsirkan makna tersirat maupun tersurat dari berbagai jenis materi lisan berbahasa Inggris. Mahasiswa dilatih untuk tidak hanya mengenali kata dan kalimat, tetapi juga menangkap maksud pembicara, emosi, nada bicara, serta konteks sosial dan budaya yang melatarbelakangi komunikasi lisan. |
TBI-316 | Speaking for Group Activities | Mata kuliah Speaking for Group Activities dirancang untuk mengembangkan keterampilan berbicara mahasiswa dalam konteks kerja kelompok dan kegiatan kolaboratif berbahasa Inggris. Fokus utama mata kuliah ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi lisan yang efektif, partisipatif, dan kooperatif dalam berbagai situasi seperti diskusi kelompok, presentasi tim, debat, pemecahan masalah bersama, simulasi rapat, dan proyek kolaboratif lainnya. |
TBI-317 | Essay Writing | Mata kuliah Essay Writing bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan menulis esai akademik dalam bahasa Inggris secara terstruktur, logis, dan koheren. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis esai, seperti descriptive, narrative, expository, argumentative, dan analyticalessays, serta teknik pengembangan paragraf, penulisan tesis (thesis statement), penyusunan kerangka tulisan (outline), dan penggunaan bukti/argumentasi yang mendukung. |
TBI-318 | Complex English Grammar | Mata kuliah Complex English Grammar bertujuan untuk memperluas pemahaman mahasiswa tentang struktur tata bahasa Inggris tingkat lanjut. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada konstruksi gramatikal yang kompleks dan nuansa makna yang dihasilkannya dalam konteks akademik dan profesional. |
MKU-416 | Statistika Pendidikan | Mata kuliah Statistika Pendidikan dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dasar mengenai konsep, prinsip, dan penerapan statistika dalam konteks penelitian dan evaluasi pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data kuantitatif yang relevan dengan bidang pendidikan. |
MKU-417 | Evaluasi Pembelajaran | Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis dan keterampilan praktis dalam merancang, melaksanakan, dan menilai proses serta hasil belajar peserta didik secara sistematis dan objektif. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada prinsip, teknik, dan alat evaluasi yang digunakan dalam konteks pembelajaran, baik formatif maupun sumatif. |
MKU-418 | Perencanaan Pembelajaran | Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam merancang kegiatan pembelajaran yang sistematis, efektif, dan berorientasi pada pencapaian kompetensi peserta didik. Mata kuliah ini menekankan pentingnya perencanaan sebagai tahap awal dalam proses pembelajaran yang meliputi analisis kebutuhan, perumusan tujuan, pemilihan materi, metode, media, serta penilaian. |
MKU-419 | Jurnalistik | Mata kuliah Jurnalistik bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai dunia jurnalistik dan praktik penulisan berita. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar jurnalistik seperti nilai berita (news values), etika jurnalistik, teknik pengumpulan informasi, wawancara, serta penulisan berita yang akurat, objektif, dan menarik. |
MKU-420 | Teknis Penulisan Ilmiah | Mata kuliah Teknis Penulisan Ilmiah dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menulis karya ilmiah secara sistematis, logis, dan sesuai dengan kaidah akademik. Mahasiswa akan mempelajari struktur dan format penulisan ilmiah, penggunaan gaya penulisan akademik, kutipan dan referensi, serta etika dalam penulisan ilmiah. |
TBI-419 | Semantics | Mata kuliah Semantics membahas kajian makna dalam bahasa, baik secara teoritis maupun aplikatif. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar semantik seperti makna leksikal dan gramatikal, denotasi dan konotasi, relasi makna (sinonimi, antonimi, hiponimi, polisemi, homonimi), serta teori-teori makna yang berkembang dalam linguistik. |
TBI-420 | TEFL | Mata kuliah Teaching English as a Foreign Language (TEFL) bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan landasan teoritis dan praktis dalam mengajarkan bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Mahasiswa akan mempelajari pendekatan, metode, dan teknik pengajaran bahasa Inggris yang efektif, serta menganalisis penerapannya dalam berbagai konteks kelas EFL (English as a Foreign Language). |
TBI-421 | Syntax | Mata kuliah Syntax membahas struktur internal kalimat dalam bahasa, dengan fokus pada bagaimana kata-kata disusun menjadi frasa, klausa, dan kalimat secara sistematis. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar sintaksis, seperti kategori leksikal, fungsi sintaksis (subjek, predikat, objek, keterangan), struktur frasa, aturan konstituen, serta hubungan antarunsur dalam sebuah konstruksi kalimat. |
TBI-422 | Into to Literature | Mata kuliah Introduction to Literature merupakan pengantar bagi mahasiswa untuk memahami dasar-dasar kajian sastra dalam bahasa Inggris. Mata kuliah ini membahas tiga genre utama sastra, yaitu puisi (poetry), prosa (fiction), dan drama, serta mengenalkan unsur-unsur intrinsik yang membangun karya sastra, seperti tema, tokoh, plot, setting, gaya bahasa, simbolisme, dan sudut pandang. |
TBI-423 | English Phonology | Mata kuliah English Phonology membahas secara mendalam sistem bunyi bahasa Inggris dari perspektif linguistik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana bunyi-bunyi bahasa Inggris dihasilkan, dideskripsikan, dan diatur dalam sistem fonologis, serta bagaimana bunyi tersebut berinteraksi dalam ujaran. |
TBI-424 | Morphology | Mata kuliah Morphology mempelajari struktur internal kata dan bagaimana kata dibentuk dalam bahasa. Mahasiswa akan diperkenalkan pada konsep dasar morfologi seperti morfem (unit terkecil bermakna), allomorph, serta proses morfologis seperti infleksi, derivasi, komposisi, dan reduplikasi. |
MKU-521 | Met. Penelitian Kualitatif | Mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai pendekatan kualitatif dalam penelitian ilmiah. Mahasiswa akan mempelajari landasan filosofis, karakteristik, dan prosedur penelitian kualitatif, serta keterampilan praktis dalam merancang dan melaksanakan penelitian berbasis data non-numerik. |
MKU-522 | Metode Penelitian Kuantitatif | Mata kuliah Metode Penelitian Kuantitatif bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman teoretis dan keterampilan praktis dalam merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Mahasiswa akan mempelajari karakteristik penelitian kuantitatif yang bersifat objektif, sistematis, dan terukur, dengan fokus pada pengujian hipotesis dan generalisasi temuan. |
TBI-525 | Kajian Kitab | Mata kuliah Kajian Kitab dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca, memahami, dan menganalisis kitab-kitab berbahasa Arab klasik (kitab turats) dalam berbagai bidang keilmuan Islam, seperti tafsir, hadis, fikih, akidah, dan tasawuf. Mahasiswa akan mempelajari struktur bahasa Arab klasik, penggunaan nahwu dan sharaf, serta konteks historis dan pemikiran dari teks yang dikaji. |
Program Learning Outcome (PLO)
No | PLO | Deskripsi Bahan Kajian |
1. | Bahasa Inggris | Program Studi Bahasa Inggris mencakup kajian-kajian interdisipliner yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kebahasaan, literasi, dan profesionalisme lulusan dalam konteks lokal, nasional, dan global. Adapun bahan kajiannya meliputi: Keterampilan Berbahasa (Language Skills) Mendengarkan (Listening) Berbicara (Speaking) Membaca (Reading) Menulis (Writing) Bahan kajian ini menekankan penguasaan empat keterampilan berbahasa secara integratif dan komunikatif. Kebahasaan (Language Components) Tata bahasa (Grammar) Kosakata (Vocabulary) Pelafalan (Pronunciation) Fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik dalam bahasa Inggris. Linguistik (Linguistics) Kajian ilmiah tentang bahasa, termasuk: Fonologi Morfologi Sintaksis Semantik Pragmatik Sosiolinguistik dan Psikolinguistik Kajian Sastra (Literary Studies) Menganalisis karya sastra dari berbagai genre (puisi, prosa, drama), periode (klasik-modern), dan budaya (Barat dan Timur) serta pendekatan sastra (feminisme, strukturalisme, dll.). Kajian Budaya (Cultural Studies) Memahami hubungan bahasa dan budaya dalam konteks lintas budaya, termasuk nilai-nilai sosial, kebiasaan, dan sistem kepercayaan dalam masyarakat penutur bahasa Inggris. Penerjemahan dan Interpretasi (Translation and Interpretation) Teori dan praktik dalam menerjemahkan teks tulis dan lisan dari/ke bahasa Inggris secara akurat dan kontekstual. Pengajaran Bahasa Inggris (ELT – English Language Teaching) Pendekatan, metode, teknik, dan kurikulum dalam pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, termasuk evaluasi pembelajaran. Kewirausahaan, Teknologi, dan Profesionalisme Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa, soft skills, dan pengembangan kewirausahaan berbasis bahasa Inggris (seperti content writing, digital marketing, tour guiding). |
2. | Pendidikan Bahasa Inggris | Konsep, teori, dan prinsip pendidikan yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris. Bahan kajian ini bertujuan untuk mempersiapkan calon guru Bahasa Inggris dengan pemahaman yang mendalam tentang Pendidikan Bahasa Inggris, strategi pengajaran yang efektif, dan pemecahan masalah yang relevan dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris. Bahan Kajian ini terdiri dari: Teori Pembelajaran Bahasa Inggris: Meliputi pemahaman tentang teori-teori pembelajaran Bahasa Inggris, seperti konstruktivisme, teori belajar sosial, dan pendekatan pembelajaran berbasis masalah; Desain Instruksional: Meliputi pemahaman tentang prinsip-prinsip desain instruksional yang relevan dalam pengajaran Bahasa Inggris, termasuk pengembangan tujuan pembelajaran yang jelas, pemilihan strategi pengajaran yang tepat, penggunaan sumber daya pembelajaran yang sesuai, dan penilaian yang efektif; Penilaian dalam Pendidikan Bahasa Inggris: Meliputi pemahaman tentang berbagai metode penilaian yang dapat digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris, seperti penilaian formatif dan sumatif, penilaian autentik, dan penggunaan alat evaluasi yang tepat; Kurikulum dan Standar Bahasa Inggris: Meliputi pemahaman tentang kurikulum Bahasa Inggris yang digunakan di tingkat pendidikan yang relevan, termasuk standar pembelajaran Bahasa Inggris yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga Pendidikan; Pemecahan Masalah Bahasa Inggris: Meliputi pemahaman tentang strategi pemecahan masalah Bahasa Inggris, pengembangan keterampilan berpikir kritis, dan penerapan pemecahan masalah dalam konteks Bahasa Inggris; Etika dan Profesionalisme dalam Pendidikan Bahasa Inggris: Meliputi pemahaman tentang etika mengajar, tanggung jawab profesional, dan prinsip-prinsip etika yang relevan dalam konteks Pendidikan Bahasa Inggris. |
3. | Ilmu Pendidikan | Konsep, teori, dan prinsip-prinsip yang berkaitan dengan pendidikan secara umum. Bahan kajian ini bertujuan untuk mempersiapkan calon guru Bahasa Inggris dengan pemahaman yang mendalam tentang pendidikan secara luas, termasuk aspek-aspek psikologis, sosial, dan filosofis yang relevan dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris. Bahan kajian ini bertujuan untuk memberikan landasan teoritis dan praktis kepada calon guru dalam memahami aspek-aspek pendidikan yang relevan dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang mendalam tentang ilmu pendidikan, calon guru dapat merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pengajaran Bahasa Inggris yang efektif, menyadari perbedaan individual peserta didik, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung. |
4. | Penelitian | Konsep, metode, dan proses penelitian yang relevan dengan pengembangan Pendidikan Bahasa Inggris. Bahan kajian ini bertujuan untuk mempersiapkan calon guru Bahasa Inggris dengan pemahaman tentang bagaimana melakukan penelitian dalam konteks Pendidikan Bahasa Inggris, menganalisis data, dan menggunakan temuan penelitian untuk meningkatkan praktik pengajaran. Bahan kajian ini meliputi Metode Penelitian, Desain Penelitian, Analisis Data, dan Etika Penelitian. Landasan teoritis dan praktis kepada calon guru dalam memahami proses penelitian, menggunakan bukti-bukti dari penelitian untuk meningkatkan pengajaran Bahasa Inggris, dan berkontribusi pada pengembangan pengetahuan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang mendalam tentang penelitian, calon guru dapat mengembangkan keterampilan penelitian yang diperlukan untuk memperbaiki praktik pengajaran mereka, mengidentifikasi kebutuhan siswa, dan mengembangkan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam konteks Bahasa Inggris. |
5. | Keislaman | Konsep, nilai-nilai, dan aplikasi Bahasa Inggris yang terkait dengan perspektif Islam. Bahan kajian ini bertujuan untuk mempersiapkan calon guru Bahasa Inggris dengan pemahaman tentang bagaimana mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pembelajaran Bahasa Inggris, menghubungkan Bahasa Inggris dengan pemahaman keagamaan, dan mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam konteks Islam. Dengan pemahaman yang mendalam tentang keislaman, calon guru dapat merancang pengajaran Bahasa Inggris yang berarti, relevan, dan sesuai dengan nilai-nilai Islam, serta membantu siswa memahami hubungan antara Bahasa Inggris dan agama mereka |
6. | Pengembangan | Konsep, teori, dan praktik yang terkait dengan pengembangan keilmuan dan bahan ajar dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Bahan kajian ini bertujuan untuk mempersiapkan pendidik, asisten peneliti, dan edupreneur dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan inovasi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris. |