Sosialisasi Sinta (Science and Technology Index)

SINTA memiliki kepanjangan Science and Technology Indexes. Sehingga secara sederhana SINTA adalah database indeksasi publikasi ilmiah para dosen.

SINTA diketahui merupakan salah satu platform dari Kemendikbud yang digunakan untuk mengukur kinerja para author dari sisi publikasi baik untuk kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

SINTA pertama kali dirilis di tahun 2017 di UGM (Universitas Gadjah Mada) yang kemudian terus berkembang sampai sekarang. Tahun 2022, SINTA kemudian masuk ke versi ke-3 dan disebut sebagai SINTA v3.0 atau SINTA versi 3.0.

Pada versi ke-3 ini dijelaskan oleh pihak DItjen Dikti akan ada banyak pembaharuan, khususnya dari sisi fitur. Sekaligus dari jenis data yang dipaparkan dan bisa diakses secara leluasa oleh para dosen yang memiliki akun di SINTA.

SINTA memiliki sumber data utama yang beragam, salah satunya database Scopus yang merupakan database publikasi jurnal internasional bereputasi. Selain itu juga menggunakan sumber data dari platform dan media lain yang dijamin kredibel.

Aplikasi SINTA juga diketahui merupakan muara dari berbagai platform layanan yang disediakan oleh Kemendikbud untuk data para dosen. Misalnya aplikasi Garuda, Arjuna, Anjani, Rama, dan masih banyak lagi yang lainnya.

https://www.youtube.com/watch?v=MjJHW_CfyT0

Related Posts

INTERNATIONAL SEMINAR & CALL FOR PAPER

STAI Nurul Islam Mojokerto mengadakan Seminar International dan Call For Paper Journal of Linguistics anRead More

PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (PBAK) STAI NURUL ISLAM MOJOKERTO TAHUN AKADEMIK 2024-2025

Senin tanggal 05 Agustus 2024, Para Mahasiswa STAI Nurul Islam berbondong-bondong menuju Guest House PP.Read More

STAI NURUL ISLAM MOJOKERTO MENGGELAR VISITING LECTURE #1

Kamis, 13 Juni 2024 STAI Nurul Islam Mojokerto menyelenggarakan Visiting Lecture #1. Visiting Lecture #1Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *