Project Based Learning sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis dalam Pembelajaran Abad ke-21

Main Article Content

Evy Maya Stefany
Luluk Mauli Diana

Abstract

Perkembangan abad 21 dapat dilihat dengan pesatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai macam bidang kehidupan. Salah satunya dalam dunia  pendidikan karena tuntutan dari dunia perkerjaan yang mengharuskan setiap peserta didik memiliki kompetensi yang mumpuni di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Project based learning sebagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan desain grafis pada pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan metode penelitian kualitatif. Partisipan    penelitian    ini    merupakan  80 orang mahasiswa   semester   5  Program   Studi   Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura.   Penelitian   ini   dilakukan pada mata kuliah Desain Grafis  pada  semester  gasal  tahun  ajaran  2023/2024. Kelas tersebut dilaksanakan  secara hybrid baik online maupun offline. Tujuan  pembelajarannya yaitu  peserta didik  memahami konsep, teori serta memiliki keterampilan dalam desain grafis. Hasil yang diperoleh dalam penerapan model PjBL terkait keterampilan desain grafis yaitu: (1) Mahasiswa terfasilitasi untuk mengembangkan kemampuan berkolaborasi selama melaksanakan proses PjBL. Mereka belajar mendengarkan dan menerima pendapat teman lain, mengajak teman yang tidak semangat untuk mengerjakan, bekerjasama mulai dari menemukan ide sampai mengeksekusi projeknya. (2) PjBL juga mengembangkan komunikasi peserta didik. Komunikasi secara informal maupun formal. Komunikasi informal saat mereka bersama dengan teman-teman kelompoknya sedangkan formal saat mereka harus menghubungi audience dan menampilkan product atau performancenya di depan audience tersebut. (3) Kreativitas dan kemampuan berfikir kritis pun terbentuk. Mereka membutuhkan kretavitas dan kemampuan berfikir kritis untuk menemukan ide dan membuat projeknya layak untuk dipresentasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Stefany, E. M., & Diana, L. M. (2024). Project Based Learning sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis dalam Pembelajaran Abad ke-21. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(2), 78–88. https://doi.org/10.52620/jeis.v4i2.70
Section
Articles

References

Aqib Z. 2013. Model-Model Media dan Startegi pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Aslamiah, dkk. 2021. Pendidikan Keterampilan dan Ilmu Sosial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial. Vol. 2, (2), 82-92

Assa Prima Sekarini. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Gerak Dan Gaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Ayu, P. E. S. (2019). Keterampilan belajar dan berinovasi abad 21 pada era revolusi industri 4.0. Purwadita, 3(1), 77–83.

Az-Zahra A. K., Jamila A. U. S., Nida H., Prihantini. (2022). Meta Analisis Model pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Abad 21. J-PSH : Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. 3(2). 522-528.

Blumenfeld, et al. (2011). Motivating project-based learning: sustaining the doing, supporting the learning. Educational Psychologist, 26 (3&4), 369-398

Butler, D. L., Winne, P. H. (2014). Feedback and Self-Regulated Learning: A Theoretical Synthesis. Review of Educational Research. 65(3). 245-281

Dewi K., Ai N.N., Dwi W., Prihantini. (2022). Relevansi Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2). 9092-9099.

Erimurti, K. (2015). Pendidikan abad 21 dan aplikasinya dalam pembelajaran di SMK K-13. 2009, 1–28.

Fathurrohman, M. (2017). Model- model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Genc S, Gurdol F, Kanzamar-Ozer M, Ince N, Ozcelik F et al., 2014. The Analytical Performance of Four Different Glycated Hemoglobin Methods. In: Medical Chemistry. P: 501-05

Gibbes, M., & Carson, L. (2014). Project-based language learning: An activity theory analysis. Innovation in Language Learning and Teaching, 8(2), 171–189. https://doi.org/10.1080/17501229.2013.793689

Ika P. (2021). Implementasi Project Based Learning dalam Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. UMP Press.

Larmer, J., Margendoller, J. (2014). Essentials for Project Based Learning: BIE. Retrieved March 10, 2015

Mudlofir A., Rusydiyah E. M. (2015). Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafinndo Persada.

Iwan F., Rusli Y., Mohd Z. M. Y. (2021) Model pembelajaran Project Citizen sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian. 2(3). 105-118.

Rusydi A., Amirruddin. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Seftika S., Januaris M., Abdurrahman F., & Zulfa S. (2021). Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Speaking Mahasiswa Abad 21. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang : Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. 169-171

Aslamiah, dkk. 2021. Pendidikan Keterampilan dan Ilmu Sosial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial,

Vol. 2, (2), Maret 2021: 82-92

Wati, L. F. (2021). Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (SMA/SMK di Malang). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1).