Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Berbantuan Media Video terhadap Keterampilan Sosial
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses yang mengembangkan kepribadian seseorang secara utuh. Masalah keterampilan sosial yang buruk itu kompleks. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru harus memiliki kemampuan memilih model pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT). Dengan menggunakan model pembelajaran bernomor Head Together, siswa dilatih untuk berbagi jawaban, berdiskusi kelompok dan saling menghargai saat mereka berbagi ide dalam kelompok hingga menemukan jawaban terbaik. Namun, hal tersebut belum cukup untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya untuk mata pelajaran abstrak. Oleh karena itu, diperlukan lingkungan belajar yang memudahkan siswa memahami konsep yang akan dipelajari. Media visual termasuk dalam kategori materi pendidikan audiovisual, yang menggabungkan dua materi, materi visual dan materi audio. Dan pembelajaran model pembelajaran kooperatif Media Numbered Heads Together memiliki struktur kooperatif yang memungkinkan tercapainya keterampilan sosial.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis apakah pembelajaran kooperatif Media Video Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap keterampilan sosial. Metode penelitian ini hampir eksperimental di mana peneliti berurusan dengan subjek. Prosedur quasi-eksperimental ini dilakukan dalam kaitannya dengan desain kelompok kontrol nonequivalent. Subyek eksperimen terdiri dari 30 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu. Kelas A sebagai kelas eksperimen dan Kelas B sebagai kelas kontrol. Kumpulkan informasi tentang keterampilan sosial menggunakan Kuesioner Keterampilan Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Media video berpengaruh terhadap pembelajaran model Numbered Heads Together terhadap keterampilan sosial dengan skor 12,75.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Akbar, S. 2010. Filosofi, Metodologi dan Implementasinya (Edisi Revisi). Yogyakarta : Cipta Media Aksara.
Asrida. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Sosial Pada siswa SMAN 3Sigi. e-Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 10, Oktober 2016 hlm 10-21.
Daga, A. T. (2020). Perbandingan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Di Malaysia, India Dan Indonesia. Jurnal Edukasi Sumba (Jes), 4(1), 23–30. Https://Doi.Org/10.53395/Jes.V4i1.82
Degeng, I Nyoman Sudana. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup
Ghazali, Muh. 2013. Penerapan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS (Studi Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sekunyit Praya Lombok Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.
Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436–446.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Bandung
Yuliandari, R. (2020). Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal.Unipasby.Ac.Id, 04(2), 165– 177