Perbangingan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dan TGT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perangkat Lunak di SMP Negeri 4 Kota Samarinda

Main Article Content

Angga Pratama
Dewi Rosita
Celine Aloyshima Haris

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat lunak di SMP Negeri 4 Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah desain posttest-only control. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda sebanyak 313 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 68 siswa kelas VII, dengan kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT), masing-masing berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar (post-test). Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa pada materi perangkat lunak dengan model pembelajaran STAD dan TGT pada mata pelajaran Informatika kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I adalah 80,14, sedangkan kelas eksperimen II adalah 86,02. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen II lebih baik dibandingkan kelas eksperimen I.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Pratama, A., Rosita, D., & Haris, C. A. . . (2024). Perbangingan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dan TGT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perangkat Lunak di SMP Negeri 4 Kota Samarinda. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(2), 143–153. https://doi.org/10.52620/jeis.v4i2.76
Section
Articles

References

Aprilia, R., & Adawiah, R. (2024). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Dengan TGT kelas VII SMP Negeri 1 Kotabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 84-96.

Mahmud. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2, 14–23.

Nurani, S. E., Afghohani, A., & Exacta, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, 6.

Nurrahmah, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Materi Qurban Dan Aqiqah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Tgt tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, Dan Terapan, 1, 1–10.

Rompegading, A. B., Safitri, M., & Irfandi, R. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Student Teams Achievement Division. Bioedusains:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 205–211. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2245

Sholicha, M., Indrawati, V., Pangesthi, L., & Bahar, A. (2021). Jurnal Tata Boga Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Jurnal Tata Boga, 10(2), 234–245.

Sudarsana, G. K. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal Of Educational Development, 2(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4781885.

Wahyudi & Rohayati, S. (2019). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (StudentTeam Achievment Division) dan TGT (Team Games Turnament) Pada Materi Utang Lancar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(1), 21-27.

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda. 4(1).