Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mengacu pada fungsi kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, inovator, motivator, leader dan supervisor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus di SMP Negeri 2 Tangen, Jawa Tengah. Adapun teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala SMP Negeri 2 Tangen dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar tergolong sangat aktif. Pada peran sebagai educator, kepala sekolah memberikan bimbingan dan pemahaman kepada guru terkait pemahaman konsep merdeka belajar. Melalui fungsi sebagai manajer dan administrator, kepala sekolah harus mematikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dikelola dengan baik dan mengacu pada suatu program yang sistematis dan terukur. Untuk peran sebagai inovator, motivator leader dan supervisor, kepala sekolah menciptakan dan mendorong ide-ide baru dan memberikan apresiasi manakala evaluasi kegiatan tersebut bisa berjalan baik dan membawa dampak positif bagi sekolah. Meskipun dalam implementasinya terdapat kendala, namun kepala sekolah responsif untuk mencarikan solusi permasalahan sehingga penerapan pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar bisa berjalan efektif.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Botutihe, S. N., Djafri, N., Halim, F., Haekal, T. M., Faliyandra, F., Utami, P. P., & Butarbutar, M. (2020). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Era Revolusi 4.0. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Cresswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.
Hayati, L. M., Mudjiran, H. N., & Karneli, Y. (2022). Paradigma Guru Bimbingan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 158–161. https://doi.org/10.29210/021880jpgi0005
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.
Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589
Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1), 49–70. https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61
Noor, T. R. (2021). Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 di SDN Sumput Sidoarjo. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 20–31. https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1
Noor, T. R., Monita, E., & Fauzi, F. (2022). Manajemen Pengembangan Mutu Guru di Sekolah Dasar Negeri Sarirogo, Kabupaten Sidoarjo. TARBAWI, 10(2), 93–106. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.165
Noor, T. R., & Shabrina, M. R. A. N. (2022). Strategi Pengembangan Sekolah Unggulan (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Migas, Cepu). Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 10(2), 223–240. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.255
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Kepala Sekolah terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537
Purwanto, N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Putra, J. A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 347–355. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3773
Putri, N. H., & Wibowo, U. B. (2018). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Partisipasi Masyarakat di SMP. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 45–59. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.9810
Ramadina, E. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic: Islam Nusantara, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i2.252
S, T. (2012). Ilmu Pendidikan. Pustaka Setia.
Sakir, I., & Hartiningsih, S. (2018). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer (Studi Multisitus) di MIN 1 dan MIN 2 Flores Timur. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(02), 197–208. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11702
Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan Reward dalam Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Motivasi Guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41
Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.142
Sugiyono, S. (2016a). Metode Penelitan Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2016b). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). CV. Alfabeta.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.
Wijayanto, A., Kurniawan, A. W., Muhajir, M., & Yulianti, Y. (Eds.). (2021). Waktunya Merdeka Belajar. Akademia Pustaka. https://doi.org/10.31219/osf.io/49q2f