Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Main Article Content

Siti Khotimah
Triana Rosalina Noor

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mengacu pada fungsi kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, inovator, motivator, leader dan supervisor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus di SMP Negeri 2 Tangen, Jawa Tengah. Adapun teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran  Kepala SMP Negeri 2 Tangen dalam  implementasi  kurikulum  Merdeka  Belajar  tergolong  sangat  aktif.  Pada peran sebagai educator, kepala sekolah memberikan bimbingan dan pemahaman kepada guru terkait pemahaman konsep merdeka belajar. Melalui fungsi sebagai manajer dan administrator, kepala sekolah harus mematikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dikelola dengan baik dan mengacu pada suatu program yang sistematis dan terukur. Untuk peran sebagai inovator, motivator leader dan supervisor, kepala sekolah menciptakan dan mendorong ide-ide baru dan memberikan apresiasi manakala evaluasi kegiatan tersebut bisa berjalan baik dan membawa dampak positif  bagi sekolah. Meskipun dalam implementasinya terdapat kendala, namun kepala sekolah responsif untuk mencarikan solusi permasalahan sehingga penerapan  pembelajaran pada kurikulum  merdeka  belajar bisa berjalan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Khotimah, S., & Noor, T. R. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(1), 33–42. https://doi.org/10.52620/jeis.v4i1.64
Section
Articles

References

Botutihe, S. N., Djafri, N., Halim, F., Haekal, T. M., Faliyandra, F., Utami, P. P., & Butarbutar, M. (2020). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Era Revolusi 4.0. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Cresswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.

Hayati, L. M., Mudjiran, H. N., & Karneli, Y. (2022). Paradigma Guru Bimbingan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 158–161. https://doi.org/10.29210/021880jpgi0005

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.

Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589

Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1), 49–70. https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61

Noor, T. R. (2021). Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 di SDN Sumput Sidoarjo. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 20–31. https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1

Noor, T. R., Monita, E., & Fauzi, F. (2022). Manajemen Pengembangan Mutu Guru di Sekolah Dasar Negeri Sarirogo, Kabupaten Sidoarjo. TARBAWI, 10(2), 93–106. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.165

Noor, T. R., & Shabrina, M. R. A. N. (2022). Strategi Pengembangan Sekolah Unggulan (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Migas, Cepu). Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 10(2), 223–240. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.255

Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Kepala Sekolah terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537

Purwanto, N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Putra, J. A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 347–355. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3773

Putri, N. H., & Wibowo, U. B. (2018). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Partisipasi Masyarakat di SMP. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 45–59. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.9810

Ramadina, E. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic: Islam Nusantara, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i2.252

S, T. (2012). Ilmu Pendidikan. Pustaka Setia.

Sakir, I., & Hartiningsih, S. (2018). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer (Studi Multisitus) di MIN 1 dan MIN 2 Flores Timur. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(02), 197–208. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11702

Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan Reward dalam Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Motivasi Guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.142

Sugiyono, S. (2016a). Metode Penelitan Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2016b). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). CV. Alfabeta.

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.

Wijayanto, A., Kurniawan, A. W., Muhajir, M., & Yulianti, Y. (Eds.). (2021). Waktunya Merdeka Belajar. Akademia Pustaka. https://doi.org/10.31219/osf.io/49q2f