Pemanfaatan Media Interaktif Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Siswa Kelas V SDN Sumurwelut 1/438 Surabaya
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas V melalui penggunaan media interaktif powerpoint pada muatan IPA di SDN Sumurwelut 1/438 Surabaya. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 19 orang siswa pada tahun ajaran 2020/2021 dalam kaitan dengan hasil belajar siswa pada muata IPA. Sedangkan pihak terkait dalam penelitian ini adalah peneliti dan dibantu oleh observer atau kolaborator. Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari 2 siklus yang masing-masing meliputi empat langkah yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif hasil belajar muatan IPA kelas V SDN Sumurwelut 1/438 Kota Surabaya yang diambil dengan cara memberikan posttest pada setiap siklus. Data kualitatif yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru dalam penerapan siklus. Hasil pra siklus ke siklus I dan siklus II yang meningkat awal mulanya raia- ratasiswa tuntas KKM pada pra siklus 22,85% menjadi 60% pada siklus I dan 94,29% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini yaitu hasil belajar kognitif siswa kelas V melalui penggunaan media interaktif powerpoint pada muatan IPA di SDN Manukan Kulon II/499 Surabaya meningkat.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Aisyah, N. (2011). Pendekatan Keterampilan Proses. Pengembangan Pembelajaran Matematika.
Aitcin, P.-C. (1986). Concrete structure, properties and materials. Canadian Journal of Civil Engineering. https://doi.org/10.1139/l86-075
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Azis, A. (2014). Kompetensi Guru Dalam Penggunaan Media Dengan Mutu Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan.
Blanchett, H., Powis, C., & Webb, J. (2018). Powerpoint. In A Guide to Teaching Information Literacy. https://doi.org/10.29085/9781856048767.042
Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14i1.19558
Darimi, I. (2017). TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA. Pendidikan Teknologi Informasi.
Daring, P. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BANDUNG. (2010). BERKALA FISIKA.
DEWI. (2016). Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pgsd. Journal Universitas Almuslim.
Diyah Lusiana, W. L. (2017). Journal of Educational Research and Evaluation. Jurnal of Educational and Evaluation.
Dreyfuss, S. E., & Dreyfus, H. L. (1980). A five-stage model of the mental activities involved in directed skill acquisition. Operations Research Center.
Fazilla, S. (2016). Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains. None.
Gibbs, G. (1988). A guide to teaching and learning methods. In Learning by Doing.
Hanafy, M. S. (2014). KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Haryanto. (2015). Kajian Konseptual Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Ho, V. (2014). Learning by Doing. In Encyclopedia of Health Economics. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-375678-7.01110-X
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kaplan, S. (2011). Strategy and Powerpoint: An inquiry into the epistemic culture and machinery of strategy making. Organization Science. https://doi.org/10.1287/orsc.1100.0531
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kemdikbud, pengelola web. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.
Kind, T., & Evans, Y. (2015). Social media for lifelong learning. International Review of Psychiatry. https://doi.org/10.3109/09540261.2014.990421
Langford, P. E., & Langford, P. E. (2018). Piaget. In Approaches to the Development of Moral Reasoning. https://doi.org/10.4324/9781315791258-5
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’.
Maimunah, M. (2016). METODE PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Republik Indonesia.
Miftah, M. (2013). FUNGSI, DAN PERAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA. Jurnal Kwangsan. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran (sebuah pendekatan baru). Jakarta: Gaung Persada Press.
Nabila Hilmy Zhafira, Yenny Ertika, C. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi. Jurnal l Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.
Nahar, N. I. (2016). PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.
Nana Sudjana. (2013). Study Deskriptif Analisis Kuantitatif. Repository UPI.
Nasution, S. (1987). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Tabularasa.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Nurmadiah, N. (2016). MEDIA PENDIDIKAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh).
Pamungkas, R. A. (2019). ANALISIS KUALITAS WEBSITE SMK NEGERI 2 SRAGEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIST (IPA). Jurnal Tekno Kompak. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.220
Papadopoulou, S., & Vlachos, K. (2014). Using digital storytelling to develop foundational and new literacies. Research Papers in Language Teaching and Learning.
Pati, K., & Tengah, S. J. (2006). Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan. Pendidikan Dasar.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. (2014). Jurnal Didaktik Matematika. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i1.1243
PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA TERPADU BERORIENTASI LITERASI SAINS MATERI ENERGI DAN SUHU. (2015). Journal of Innovative Science Education.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA. (2014). Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif.
Prasetya, J. T., & Ahmadi, A. (2005). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV.
Pusvyta Sari. (2015). MEMOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING. Ummul Quro.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Rofiah, E., Aminah, N. S., & Sunarno, W. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22992
Sadiman, A. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. In CV. Rajawali.
Sagoe-Crentsil, K. K., Brown, T., & Taylor, A. H. (2001). Performance of concrete made with commercially produced coarse recycled concrete aggregate. Cement and Concrete Research. https://doi.org/10.1016/S0008-8846(00)00476-2
Sanaky, H. A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. In Kaukaba Dipantara.
Schank, R. C., Berman, T. R., & Macpherson, K. A. (2013). Learning by doing. In Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory. https://doi.org/10.4324/9781410603784-14
Setiyorini, S., Patonah, S., & Murniati, N. A. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Moodle. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1311
Sriyono, S. (2018). Internet Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prossnp.v1i0.29
Sudbery, J., Whittaker, A., Sudbery, J., & Whittaker, A. (2018). Piaget’s theory of cognitive development. In Human Growth and Development. https://doi.org/10.4324/9780203730386-15
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SMK DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Tabrani, R. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah.
Wahyuni, E. D., Hidayati, H., & Wijayanti, A. (2018). Pengembangan LKS IPA SMP Berbasis Project Based Learning Tema “Pengolahan Limbah Cair.” WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.2554
Wilson, K., & Wilson, K. (2014). Microsoft Powerpoint 2013. In Using Microsoft Office 2013. https://doi.org/10.1007/978-1-4302-6689-1_3
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. In Jakarta.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.