Pengembangan Pedagogi Ignasian dengan Media Wayang Sampah Daur Ulang untuk Meningkatkan Karakter Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Pingit Yogyakarta

Main Article Content

Yohana Adventa Sari
Theodora Naomi Ariella
Fransiskus Asis Mite
Antonius Ian Bayu Setiawan

Abstract

Pendidikan karakter merupakan fondasi penting dalam pembentukan kepribadian peserta didik, terutama dalam aspek komunikasi yang santun dan beretika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter komunikasi peserta didik di SD Pingit Yogyakarta melalui pengembangan Paradigma Pedagogi Iganasian (PPI) menggunakan wayang sampah daur ulang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media wayang yang dikembangkan untuk meningkatkan karakter komunikasi peserta didik SD Pingit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model Borg & Gall yang melalui 10 tahap penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah para peserta didik SD Pingit dari kelas SD besar yang berjumlah 12 orang. Data penelitian dianalisis secara statistik deskriptif melalui data yang terkumpul menggunakan instrumen kuisoner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan PPI menggunakan media wayang dari hasil daur ulang sampah dapat meningkatkan karakter komunikasi peserta didik sekolah Pingit. Hal ini terlihat melalui hasil pre tes dan post tes yang menunjukkan angka perubahan yang signifikan dengan nilai p= 0,001 yang ≤0,05 sebagai standar angka signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berupa wayang, modul dan workbook efektif untuk membantu peserta didik SD Pingit belajar meningkatkan karakter komunikasi mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Yohana Adventa Sari, Theodora Naomi Ariella, Fransiskus Asis Mite, & Setiawan, A. I. B. (2025). Pengembangan Pedagogi Ignasian dengan Media Wayang Sampah Daur Ulang untuk Meningkatkan Karakter Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Pingit Yogyakarta . Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 5(2), 212–221. https://doi.org/10.52620/jeis.v5i2.184
Section
Articles

References

Akara, A. (2025, Mei 10). Wawancara melalui telepon tentang Permasalahan di Sekolah Pingit. [Wawancara melalui Chat telepon]

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran statistika menggunakan software SPSS untuk uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491-6504. 10.31004/basicedu.v6i4.3206

Astuti, D. W. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas Xi. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2). https://openurl.ebsco.com/c-ontentitem/gcd:142796817?sid=ebsco:plink:crawler&id=ebsco:gcd:142796817

Hanum, R. A., Mirawati, I., & El Karimah, K. (2023). Mengembangkan Pesan Whatsapp tentang Edukasi Mindful Parenting dengan Prinsip Cognitive Theory of Multimedia Learning. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 75-90. https://scholar.google.com-/cit-ations?view_op=view_citation&hl=en&user=qHtwhwgAAAAJ&citation_for_view=qHtwhwgAAAAJ:2osOgNQ5qMEC

Hazani, D. C. (2024). Komunikasi empati dalam membangun relasi sosial terhadap pengasuhan anak dan lansia.

Husnayayin, A., Gustina, Z., & Dewi, D. E. C. (2024). Karakteristik dan langkah-langkah metode penelitian Research and Development (Borg & Gall) dalam pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 490-501. https://doi.org/10.-23969-/jp.-v9i04-.19906

Kompas. (2025, Mei 13). Tawuran anak SD di Depok gunakan senjata tajam. Kompas.com.[https://www.instagram.com/reel/DJodQkhSESN/](https://www.instagram.com/reel/DJodQkhSESN/)

Ledochowski, V. (2014). Jesuit education and the formation of character. Loyola Press.

LPM USD. (2012). Pedoman-Pembelajaran-Berbasis-Pi-Edisi-2012-Rev. Pusat Pengembangan Dan Penjaminan Mutu Pembelajaran, 12.

Mega, W (2025, Mei 18). Wawancara melalui telepon tentang Permasalah di Sekolah Pingit. [Wawancara Pribadi]

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673-682. https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIP/article/view/152

Niko, A., Ginting, A., Natiyoman, B., & Elvina, S. (2022, November 18). Sekolah Pingit, Sekolah Alternatif Bagi Warga Miskin di Daerah Pingit Yogyakarta . KATOLIKANA. https://www.katolikana.com/2022/11/18/sekolah-pingit-sekolah-alternatif-bagi-warga-miskin-di-daerah-pingit-yogyakarta.

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). OECD Learning Compass 2030: A series of concept notes. OECD Publishing. https://www.-oecd-.org/c-ont-ent/dam/oecd/en/about/projects/edu/education-2040/1-1-learning-compass-/OE-CD-_Learning_Compass_2030_Concept_Note_Series.pdf

Pamuji, S., Gonzales, S., & Reza, A. (2024). The importance of character education in the digital era for the future. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 1(6), 346-359. http://ipv6.ypidathu.or.id/jo-urnal/inde-x.php-/ijeep-/article/view/1458

Peters, C. (2022). Cura personalis: The incarnational heart of Jesuit education. Jesuit Higher Education: A Journal, 11(1), 3. https://digitalcommons.lmu.edu/jhe/vol11/iss1/3

Putri, M. A. R., & Santoso, E. B. (2025). Implementation of Ignatian Pedagogy Paradigm on The Topic of Probability at Seminary Mertoyudan Senior High School Magelang. In ITM Web of Conferences (Vol. 71, p. 01002). EDP Sciences. https://doi.org/10.-1051-/itmconf/20257101002

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama publishing. https://books.google.co.id/books?hl=id&l-r=&id=brRoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Retnawati,+H.+(2016).+Analisis+kuantitatif+instrumen+penelitian+(panduan+peneliti,+mahasiswa,+dan+psikometrian)

Rositawati, D. (2017). Implementasi Paradigma Pedagogi Ignasian dalam proses pembelajaran di sekolah Jesuit. Jurnal Pendidikan Humaniora, 5(2), 78–89.

Rumjaun, A., Narod, F. (2020). Social Learning Theory—Albert Bandura. In: Akpan, B., Kennedy, T.J. (eds) Science Education in Theory and Practice. Springer Texts in Education. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-43620-9_7

Salvira, C. (2025, Mei 10). Wawancara melalui telepon tentang Permasalah di Sekolah Pingit. [Wawancara melalui Chat telepon]

Sasmi, N., & Rahman, H. K. (2022). Analisis teori kognitif Jean Piaget terhadap perkembangan bahasa pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13-22. https://www.tekkenindo.com/index.php/pdk/article/view/70

Siregar, B., Rahadi, A. P., & Manurung, M. M. (2025). Statistika Dasar: Fundamental Sains Data (1st ed.). Sinarmas. https://book-down.or-g/d-sciencelabs/statistika_dasar/-_book-/#tentang-penulis

Sugiyono, Prof Dr. "Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D." Penerbit CV. Alfabeta: Bandung 225, no. 87 (2017): 48-61. https://scholar.google.com/scholar?cluster=5158715267799282582&hl=en&oi=scholarr

Tvonenews.com. (2024, November). Anak SD meninggal dunia akibat perundungan di Subang. TVOne News.(htt-ps://www.youtube.com/watch?v=wjSgvgufBf4)

Wasngadiredja, P. F., Wibowo, D. P., & Yuliani, M. (2023). Pelestarian seni budaya wayang golek sebagai implementasi sila ke-2 pancasila. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 471-481.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.