Pengembangan Media Pembelajaran Manual dan ICT pada Materi Kesebangunan pada Pelajaran Matematika Siswa SMP Kelas IX
Main Article Content
Abstract
Pengembangan Media pembelajaran merupakan salah satu inovasi dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari pengembangan media ini, untuk mengetahui perbandingan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media manual (PASEDUT) dan ICT. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation. Prosedur kegiatan dibagi atas 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan pembuatan media manual PASEDUT dan media ICT materi kesebangunan dan dilanjutkan tahap implementasi media ke salah satu SMP di Kabupaten Mojokerto, serta tahap akhir berupa penyusunan laporan. Sampel yang digunakan adalah kelas IX siswa sekolah tempat penelitian. Proses pembelajaran matematika di Kelas IX-B menggunakan media manual dan kelas IX-F menggunakan media ICT pada materi kesebangunan. Untuk mengetahui keefektifan dari media manual dan ICT dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata kelas yang menggunakan media manual adalah 63,5 dan nilai rata- rata kelas yang menggunakan media ICT adalah 85,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media ICT lebih efektif daripada proses pembelajaran dengan menggunakan media manual.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Arends, R.I. (2012). Learning to teach. (9th ed.). New York, NY: McGraw-Hill
Branch, R. M. (2015). Instructional Design: The ADDIE Aproach. Georgia: University of Georgea.
Cepi Riyana. (2016). Media Pembelajaran.Jakarta:Direktorat Jendral PendidikanIslam Kementrian Agama RI.
Crawford, Michael L.(2011). Teaching Contextually: Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science.Texas: CCI Publishing, Inc.
Dick and Carey. (2009). The Systematic Design of Instruction, 6th Edition. USA: Pearson.
Hudojo, H. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA UM
NCTM (The National Council of Teacher of Mathematics). (2010). Principle and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM
Rusman. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan.
Soedjadi. (2020). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Wilder, S.J & Pimm, D. (2015). Teaching Secondary Mathematics with ICT. New York: Open University Press.