Pengembangan Media Pembelajaran Manual dan ICT pada Materi Kesebangunan pada Pelajaran Matematika Siswa SMP Kelas IX

Main Article Content

Yuliyanti Masruroh

Abstract

Pengembangan Media pembelajaran merupakan salah satu inovasi dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari pengembangan media ini, untuk mengetahui perbandingan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media manual (PASEDUT) dan ICT. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE  yang meliputi tahap Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation. Prosedur kegiatan dibagi atas 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan pembuatan media manual PASEDUT dan media ICT materi kesebangunan dan dilanjutkan tahap implementasi media ke salah satu SMP di Kabupaten Mojokerto, serta tahap akhir berupa penyusunan laporan. Sampel yang digunakan adalah kelas IX siswa sekolah tempat penelitian. Proses pembelajaran matematika di Kelas IX-B menggunakan media manual dan kelas IX-F menggunakan media ICT pada materi kesebangunan. Untuk mengetahui keefektifan dari media manual dan ICT dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata kelas yang menggunakan media manual adalah 63,5 dan nilai rata- rata kelas yang menggunakan media ICT adalah 85,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media ICT lebih efektif daripada proses pembelajaran dengan menggunakan media manual.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Masruroh, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Manual dan ICT pada Materi Kesebangunan pada Pelajaran Matematika Siswa SMP Kelas IX. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i1.28
Section
Articles

References

Arends, R.I. (2012). Learning to teach. (9th ed.). New York, NY: McGraw-Hill

Branch, R. M. (2015). Instructional Design: The ADDIE Aproach. Georgia: University of Georgea.

Cepi Riyana. (2016). Media Pembelajaran.Jakarta:Direktorat Jendral PendidikanIslam Kementrian Agama RI.

Crawford, Michael L.(2011). Teaching Contextually: Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science.Texas: CCI Publishing, Inc.

Dick and Carey. (2009). The Systematic Design of Instruction, 6th Edition. USA: Pearson.

Hudojo, H. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA UM

NCTM (The National Council of Teacher of Mathematics). (2010). Principle and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM

Rusman. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan.

Soedjadi. (2020). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Wilder, S.J & Pimm, D. (2015). Teaching Secondary Mathematics with ICT. New York: Open University Press.