Pembelajaran Kontruktikvis pada Pembelajaran Fiqih di SMP UBQ Nurul Islam Mojokerto Guna Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa

Main Article Content

Doni Andriansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran Fiqih untuk melatih berpikir kritis peserta didik di kelas 7 SMP UBQ Nurul Islam. Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif dengan pendektan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Miles & Hubbermann. Hasil dari penelitian ini diperoleh perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi teori pembelajaran konstruktivis. Adapun perencanaan pembelajaran konstruktivis yakni menyiapkan modul ajar, media ajar, dan perangkat pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan terdapat kegiatan pendahuluan dengan membaca do’a-do’a dan apersepsi yang terdapat pertanyaan-pertanyaan pemicu siswa untuk berpikir, kegiatan inti berupa membentuk kelompok diskusi dan membuat peta konsep kemudian siswa diberikan tugas mengamati, menanya, menalar, menganalisis, dan mengkomunikasikan hasil diskusi. Adapun faktor pendukung penerapan pembelajaran konstruktivis ini diantaranya adalah: dukungan dari pihak sekolah, kompetensi guru, semangat belajar siswa, dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu atau kurangnya jam pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Andriansyah, D. (2024). Pembelajaran Kontruktikvis pada Pembelajaran Fiqih di SMP UBQ Nurul Islam Mojokerto Guna Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(2), 89–98. Retrieved from https://nuris.ac.id/journal/jeis/article/view/71
Section
Articles

References

Agriflana, A. M., & Makmuri, T. (2023). Analisis Implementasi Perkembangan Kognisi Piaget dan Vygotsky dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Margaasih. Jurnal Tambora, 7(1), 226–234. http://jurnal.uts.ac.id

Alaniah, A. S., Putri, R. K. A., & Khotimah, S. K. (2023). Implementasi Teori Belajar Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 152–166.

Anam, C., & Afifa, F. (2021). Konstruktivisme sebagai Implementasi Pembelajaran PAI. Cendekia, 13(02), 106–113. http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/204%0Ahttps://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/download/204/375

Aprilianto, M. A., Hamid, A., & Tamwifi, I. (2023). Penggunaan Model Flipped Classroom pada Pembelajaran Al-Qur’an untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Madin Nurul Huda Brangsi. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 275–289.

Azizi, M. K., & Shafrizal, A. (2022). Merdeka Belajar Dalam Sudut Pandang Teori Belajar Konstruktivisme dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 796–803. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5321

Choiri, M. M., & Sidiq, U. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Dharmawan, F., Arifin, M., & Farhan, M. (2019). Implementasi Model pembelajaran Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK N 1 Sayung Demak Implementation Constructivism learning model in the eyes of studying Islamic education in SMK N 1 Sayung Demak. 374–386.

Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 31–38. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/3194

Habsy, B. A., Rachmawati, A. P., Wiyono, R. F. W. F., & Rakhmanita, A. (2023). Penerapan Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Perkembangan Bahasa Vygotsky dalam Pembelajaran. Tsaqofah, 4(1), 143–158. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2143

Insani, A. A., Sholehuddin, M. S., & Khobir, A. (2024). Pemikiran Konstruktivisme Jean Piaget dalam Pendidikan Islam. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 83–86.

Irawan, F., & Romelah, R. (2022). Pembelajaran Pai Pada Materi Jujur Dengan Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Smp Nurul Jannah Kabupaten Natuna. Research and Development Journal of Education, 8(2), 551. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13236

Ishak, & Walid, A. (2022). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Jurnal Hadratul Madaniah (Vol. 9, Issue 2).

Kurniawan, W. Y. (2021). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Jerome Bruner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Islamika, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.917

Lathifah, D. N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 22–31.

Manzilah, A., & Adlimah. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam pada Kompetensi Dasar Beriman kepada Qada dan Qadar Berbuah Ketenangan Hati. Potensia, 5(2), 219–238.

Muhibbin, & Hidayatullah, M. A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains Qur`An Yogyakata. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 113–130. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1423

Mulyadi. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4482

Novita, I. E., Muzakkir, & Rapi, M. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 22 Gowa. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(02), 126–143. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127

Ridwan, A., Abdurrohim, & Mustofa, T. (2023). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Plawad 04. Ansiru Pai, 7(2), 276–283.

Rohmah, K. M., & Al Ghozali, M. D. H. (2022). Pembelajaran Fiqih Berbasis Kontekstual Kelas 10 Bahasa Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Tambakberas Jombang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1895. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1353

Ula, N. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis dalam Melatih kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 dan 6 Surabaya. In UIN Sunan Ampel Surabaya.