Pembelajaran Kontruktikvis pada Pembelajaran Fiqih di SMP UBQ Nurul Islam Mojokerto Guna Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran Fiqih untuk melatih berpikir kritis peserta didik di kelas 7 SMP UBQ Nurul Islam. Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif dengan pendektan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Miles & Hubbermann. Hasil dari penelitian ini diperoleh perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi teori pembelajaran konstruktivis. Adapun perencanaan pembelajaran konstruktivis yakni menyiapkan modul ajar, media ajar, dan perangkat pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan terdapat kegiatan pendahuluan dengan membaca do’a-do’a dan apersepsi yang terdapat pertanyaan-pertanyaan pemicu siswa untuk berpikir, kegiatan inti berupa membentuk kelompok diskusi dan membuat peta konsep kemudian siswa diberikan tugas mengamati, menanya, menalar, menganalisis, dan mengkomunikasikan hasil diskusi. Adapun faktor pendukung penerapan pembelajaran konstruktivis ini diantaranya adalah: dukungan dari pihak sekolah, kompetensi guru, semangat belajar siswa, dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu atau kurangnya jam pelajaran.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Agriflana, A. M., & Makmuri, T. (2023). Analisis Implementasi Perkembangan Kognisi Piaget dan Vygotsky dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Margaasih. Jurnal Tambora, 7(1), 226–234. http://jurnal.uts.ac.id
Alaniah, A. S., Putri, R. K. A., & Khotimah, S. K. (2023). Implementasi Teori Belajar Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 152–166.
Anam, C., & Afifa, F. (2021). Konstruktivisme sebagai Implementasi Pembelajaran PAI. Cendekia, 13(02), 106–113. http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/204%0Ahttps://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/download/204/375
Aprilianto, M. A., Hamid, A., & Tamwifi, I. (2023). Penggunaan Model Flipped Classroom pada Pembelajaran Al-Qur’an untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Madin Nurul Huda Brangsi. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 275–289.
Azizi, M. K., & Shafrizal, A. (2022). Merdeka Belajar Dalam Sudut Pandang Teori Belajar Konstruktivisme dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 796–803. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5321
Choiri, M. M., & Sidiq, U. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Dharmawan, F., Arifin, M., & Farhan, M. (2019). Implementasi Model pembelajaran Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK N 1 Sayung Demak Implementation Constructivism learning model in the eyes of studying Islamic education in SMK N 1 Sayung Demak. 374–386.
Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 31–38. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/3194
Habsy, B. A., Rachmawati, A. P., Wiyono, R. F. W. F., & Rakhmanita, A. (2023). Penerapan Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Perkembangan Bahasa Vygotsky dalam Pembelajaran. Tsaqofah, 4(1), 143–158. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2143
Insani, A. A., Sholehuddin, M. S., & Khobir, A. (2024). Pemikiran Konstruktivisme Jean Piaget dalam Pendidikan Islam. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 83–86.
Irawan, F., & Romelah, R. (2022). Pembelajaran Pai Pada Materi Jujur Dengan Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Smp Nurul Jannah Kabupaten Natuna. Research and Development Journal of Education, 8(2), 551. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13236
Ishak, & Walid, A. (2022). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Jurnal Hadratul Madaniah (Vol. 9, Issue 2).
Kurniawan, W. Y. (2021). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Jerome Bruner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Islamika, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.917
Lathifah, D. N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 22–31.
Manzilah, A., & Adlimah. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam pada Kompetensi Dasar Beriman kepada Qada dan Qadar Berbuah Ketenangan Hati. Potensia, 5(2), 219–238.
Muhibbin, & Hidayatullah, M. A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains Qur`An Yogyakata. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 113–130. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1423
Mulyadi. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4482
Novita, I. E., Muzakkir, & Rapi, M. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 22 Gowa. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(02), 126–143. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127
Ridwan, A., Abdurrohim, & Mustofa, T. (2023). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Plawad 04. Ansiru Pai, 7(2), 276–283.
Rohmah, K. M., & Al Ghozali, M. D. H. (2022). Pembelajaran Fiqih Berbasis Kontekstual Kelas 10 Bahasa Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Tambakberas Jombang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1895. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1353
Ula, N. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis dalam Melatih kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 dan 6 Surabaya. In UIN Sunan Ampel Surabaya.