Analisis Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Berdasarkan Kecerdasan Matematis-Logis dan Linguistik

Main Article Content

Nisak Nirmala Rosy

Abstract

Munculnya inovasi-inovasi dalam pembelajaran menuntut peserta didik untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah. Untuk melatih kreativitas peserta didik digunakan berbagai cara salah satunya dengan melatih menyelesaikan soal open-ended. Dengan soal open-ended proses berpikir peserta didik lebih kreatif. Selain itu, untuk meningkatkan proses berpikir kreatif peserta didik lebih maksimal dipehatiakn bakat dengan tipe kecerdasan yang dominan. Kecerdasan dengan tipe matematis-logis melatih peserta didik untuk berpikir lebih kreatif mencari alternatif jawaban dan cara dalam menyelesaikan soal. Sedangkan peserta didik dengan kecerdasan linguistik melatih peserta didik untuk berpikir lebih peka terhadap informasi yang terdapat dalam soal dan mengkomunikasikannya kembali. Proses berpikir kreatif pada peserta didik bertujuan agar peserta didik dapat mencari solusi atau masalah dengan berbagai cara penyeesaian

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Rosy, N. N. (2023). Analisis Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Berdasarkan Kecerdasan Matematis-Logis dan Linguistik. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i2.41
Section
Articles

References

Ahmadi dan Supriyono.2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, N. 2016. Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan SoalOpen Ended Materi Segiempat Dan Segitiga. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pps UM

Fathani, Abdul. 2016. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains Volume 4 Nomor 2, 2016 ISSN 2338-4387

Griggs, Varying. 2009. Pedagogy to Address Student Multiple Intelligences. Human Architectue: Journal of The Sociolgy of Self Knowledge. 7(1), hal. 55-60

Hulwani, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No. 03, 2021, hal. 2255-2269

Kwon, dkk. 2006. Cutivating Divergent Thinking in Mathematics Through an Open-ended Approach. Asia Pacific Education Review Vol. 7, No.1, hal. 51-61

Kwon, dkk. 2006. Cutivating Divergent Thinking in Mathematics Through an Open-ended Approach. Asia Pacific Education Review Vol. 7, No.1, hal. 51-61

Maharani. 2014. Creative Thinking In Mathematics: Are We Able To Solve Mathematical Problem In A Variety Of Way?. Internasional Conference on Mathematics, Science, and Education

Mahmudi. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi nasional MAT XV. Manado: UNIMA

Moleong, L.J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Prasetyo, Justinus Reza dan Yeny Andriani. 2009. Multiply Your Multiple Intelligences:Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Sriraman. The Characteristics of Mathematical Creativity. The Mathematics Education Vol. 14, Hal 19-34, 2004

Ulliya Fitriani, dkk. 2018. Pengaruh kecerdasan linguistik terhadap Kemampuan koneksi matematis dalam Menyelesaikan soalopen ended materi Trigonometri. Jurnal Phenomenon : Phenomenon, Vol. 08 (No. 1), pp. 101-113

Watrous-McCabe, J. 2005. Applying Multipe Intelligence Theory to Adult Online Instructional Design (Online), (https://www.learningsolutionsmag.com/articles/258/applying-multiple-inttelegence-theory-to-adult-online-instructiional-design)

Weinstein&Morton. 2003. Stuck in a Rut: The Role of Creative Thinking in Problem Solving and Legal Education. California Western School of Low CWSL Scholarly ommons

Yee, F. P. 2002 .Using Short Open-ended Mathematics Questions to Promote Thinking and Understanding. Singapore: National Institute of Education