Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Eded menggunakan Pendekatan Ethnomatematika Dimasa Pandemi
Main Article Content
Abstract
Masa pandemi ini pemeritah membuat kebijakan untuk melakukan pembelajaran dirumah masing-masing siswa. Pembelajaran ini terkenal dengan pembelajaran sistem daring. Salah satu efek dari pembelajaran daring yaitu menurunkan minat siswa dalam belajar. Sehingga peneliti menggunakan soal yang menarik siswa yaitu dengan pendekatan ethnomatematika. Ethnomatematika mengandung soal yang berkaitan dengan budaya sekitar. Soal open-ended dengan pendekatan ethnomatematika berhasil menarik minat siswa untuk mengerjakan dan lebih memahami konsep lingkaran. Dari uji soal dan wawancara keseluruhan siswa dapat memahami soal dengan baik dan menghubungkan jawaban kedalam konsep lingkaran dengan tepat. Secara keseluruhan siswa dapat menyelesaikan persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran. Hanya satu siswa yang tidak meragukan dalam menyelesaikan garis singgung lingkaran dengan pusat (a,b). Jawaban yang diberikan dihubungkan dengan konsep ingkaran dengan sangat baik. Siswa juga dapat memunculkan ide-ide baru untuk mendaatkan jawaban lebih banyak.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289
D`ambrosio, ubiratan. 1985. Ethnomathematics And Its Place In The History And Pedagogy Of Mathematics. For the Learning of Mathematics S, 1 (February 1985) FlM Publishing Association, Montreal, Quebec Canada
Hurauruk, A., Sidabutar, R. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Vol. 02, No.01, 45-51
Kaufan, J.C., Baer, J., Cole, J.C., & Sexton, J.C. 2008. A Comparison Of Expert And Nonexpert Raters Using The Consensual Assesment Technique. Creativity Research Journal, 20(2),171-178
Kwon, O.N., Park, J, &Prak, J. 2014. Cutiviting Divergent Thingking In Mathematics Through An Open-Ended Aprroach. Asia Pasific Education Review Vol.7, No.1, 51-61. Korea: Seoul National University
Mann, E.L. 2005. Mathematical Creativity And School Mathematics: Indications Of Matematical Creativity In Midlle School Student. Universitas Of Coneccticut
Murni. 2013. Open-ended Approach in Learning to Improve Student Tingking Skills in Banda Aceh. International Journal of Independent Research and studies – IJIRS ISSN: 2226-4817; EISSN:2304-6953 Vol.2, No2
Nadjafikhah, M., Yaftian, N., dan Bakhshalizadeg, S. 2012. Creativity: Some Definitions and Characteriestics. Prosedia- Social and Behavioral Sciences 31(2012)285-291
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Rahmawati, Arum. 2021. Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Masa Pandemi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan modern Volume 06 no 02 tahun 2021, hal 74-84
Ricardo, Rino. 2016. Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI, Volume VII, No. 2 Desember 2016
Risdiyanti, I & Prahmana. R. 2020. Ethnomatematics Teori Dan Implementasinya : Suatu Pengantar. Bantul: UADPRESS
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Ikra-ith humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.
Sannakanavar ,P. 2014. A Study Of Creativity In Science Learning Of Secondary School Student In Relation To Their Intellligence. Indian journal od health and Wellbeing 2014, 5(10), 1219-1221
Yanti, Dwi, dkk. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Peserta Didik Sekolah Negeri Atau Swasta Dalam Pembeljaran Matematika Realistik Berorientasi Ethnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 3 No 1 Juni 2018. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr