Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Induksi

Main Article Content

Ahmadah Faashichah Romadlona

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian kali ini adalah Mengetahui kesalahan apa saja ketika siswa menyelesaikan soal Induksi, tak lupa juaga untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Induksi. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian kali ini. Penggunaan strategi yakni studi kasus dilakukan peneliti kali ini dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 6 MA Negeri 1 Mojokerto Tahun Akademik 2022/2023. Purposive sampling dipilih peneliti untuk menentukan subyek dan diperoleh 3 siswa dengan nilai terendah dalam menyelesaikan soal induksi. Tes yang digunakan berbentuk essay dengan 1 soal dan diteruskan dengan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pemahaman konsep menjadi jenis kesalahan yang utama dan juga terdapat factor yang lain yakni kurangnya menguasai konsep pada materi Induksi Matematika, selain itu siswa juga ceroboh dan kurang teliti pada operasi hitung.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Romadlona, A. F. . (2022). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Induksi. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 2(1), 33–37. https://doi.org/10.52620/jeis.v2i1.20
Section
Articles

References

Muljono, P. 2007. Kesulitan Belajar Anak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyono. A. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukirman, dkk. 2012. Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyono. A. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

A. Jacobsen, David, dkk. 2009. Methods For Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan BelajarSiswa TK-SMA, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmat P, 2009. Penelitian Kualitatif. ISSN- Volume. No. 9: Equilibrium.

Sutarto, 2014. Jurnal Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. ISSN. Volume 2. No. 1. Jakarta.