Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 6 Kota Mojokerto Materi Luas Daerah Segiempat dengan Metode Kooperatif STAD

Main Article Content

Syahrin Zakiyah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika materi luas daerah segiempat pada siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kota Mojokerto setelah diterapkannya metode STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus 3 kali  pertemuan. Penggunaan metode STAD diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana penerapan dalam pembelajaran Luas daerah segiempat pada siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kota Mojokerto? (b) Bagaimana pembelajaran Model STAD dapat meningkatkan hasil belajar luas daerah segiempat siswa kelas VII B  SMP Negeri 6 Kota Mojokerto?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII B. Data yang diperoleh berupa hasil  tes formatif, kuis dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (64,52%), siklus II (80,65%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa SMP  Negeri 6 Kota Mojokerto, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif meningkatkan prestasi dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi luas daerah segiempat .

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Zakiyah, S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 6 Kota Mojokerto Materi Luas Daerah Segiempat dengan Metode Kooperatif STAD. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(2), 97–109. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i2.37
Section
Articles

References

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Bambang H. P. L. Liunsanda, 2015. Model Kooperatif STAD dan Kuis dapat Meningkatkan Proses Pembelajaran Tentang Luas Bangun Pada Siswa Kelas VI SDK Viktor Bulude. Prosiding Seminar Nasional TEQIP 2015

Herniwati. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Kreatif. Prosiding seminar nasional TEQIP 2015

Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Isjoni.2009, Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2010 Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung : Alfabeta.

Kemmis, S. &McTaggart,R. 1988.The Action Research Planner.Victoriac Deakin Univerrsity Press.

Lie, A.2007. Kooperatif Learning (Mempraktikkan Kooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.

Subanji, 2012. Pengembangan Aktivitas Matematika Problem Solvingmengacu Padameaning Based Approach. Jurnal Peningkatan Kualitas Guru. J- TEQIP. Tahun III No 2 Nopember 2012

Subanji, 2013.Revitalisasi Pembelajaran Bermakna dan Penerapanya dalam pembelajaran matematika sekolah. Proseding seminar Nasional TEQIP 2012

Subanji, 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.