Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X IPS 1 di MA Nurul Islam Mojokerto

Main Article Content

Setiawan Budi

Abstract

Pembelajaran sejarah kurang memperhatikan seberapa besar pengaruh atau manfaat pembelajaran terhadap perkembangan peserta didik. Pembelajaran sejarah hanya sekedar memberi atau menyampaikan informasi yang terjadi pada masa lalu kepada peserta didik. Pembelajaran semacam ini tentunya dapat mengurangi minat belajar dari peserta didik karena pembelajaran yang mombosankan dan tidak ada sesuatu yang baru dari pembelajaran sejarah. Pelajaran sejarah yang dianggap membosankan ini akhirnya berpengaruh pada tidak maksimalnya hasil belajar peserta didik. Penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) telah berhasil memudahkan pemahaman para peserta didik pada materi sejarah nenek moyang Indonesia dan bukti peninggalan kebudayaannya yang akhirnya bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan metode tersebut peserta didik dapat melakukan pembelajaran yang bermakna, efektif dan efisien, karena peserta didik melakukan pembelajaran dengan melalui beberapa tahap yaitu mendengarkan penjelasan dari guru, diskusi, menyampaikan jawaban dan tanya jawab.  Dari hasil observasi ini, metode TPS bisa meningkatkan hasil belajar pada setiap aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Metode tersebut juga berhasil membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajarinya. Peningkatan pemahaman diperlihatkan pada sesi penilaian individu, ketika peserta didik mengerjakan soal tes yang diberikan disetiap akhir jam pejalaran. Dari pertemuan pertama ke pertemua kedua menunjukkan peningkatan pemahaman materi pada diri peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Budi, S. . (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X IPS 1 di MA Nurul Islam Mojokerto. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 2(2), 105–115. https://doi.org/10.52620/jeis.v2i2.17
Section
Articles

References

Hamalik.oemar, 2001 : proses belajar mengajar. Bandung :Bumi Aksara

Komalasari.kokom, 2011 : Pembelajaran Kontekstual, Bandung : Refika aditama

Margono, 2017 : Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Mudjiono,2006: Penelilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosda Karya

Muhibin Syah, 2008 : Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Sujdana, Nana, 2005 : Dasar-dasar Prose Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana, 2010 : Penelilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosda Karya

Slameto, 2010 : Belajar Dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugihartono, dkk, 2007 : Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers