Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray dengan Pendekatan Problem Posing dan Media Pohon Matematika

Main Article Content

Arfi Wahyu Nurkarim
Abdurrahman Rifki

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran, (2) Mendeskripsikan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran yang baik (3) Mendeskripsikan Efektifitas pembelajaran menggunakan model Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan pendekatan Problem Posing. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model yang dibuat oleh Plomp (2013). Subjek penelitian merupakan guru dan siswa SMP.  Perangkat pembelajaran memuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang memuat Problem Posing dengan menggunakan media Pohon Matematika, serta Tes Hasil Belajar (THB).  Materi pembelajaran yang digunakan tentang Sifat, Keliling dan Luas Persegipanjang dan Persegi. Hasil penyusunan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif. Hasil dari implementasi pada pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model TS-TS yang dikombinasikan dengan pendekatan Problem Posing dengan media Pohon Matematika efektif  untuk digunakan pada materi Persegipanjang dan Persegi di kelas VII.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Nurkarim, A. W., & Rifki, A. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray dengan Pendekatan Problem Posing dan Media Pohon Matematika. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(1), 6–16. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i1.27
Section
Articles

References

Bonotto, C. (2010). Engaging Students in Mathematical Modelling and Problem Posing Activities. Journal of Mathematical Modelling and Application. Vol. 1, No. 3, 18-32.

Brown, S. I. & Walter, M. I. (2005). The Art of Problem Posing. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc

Mann, E. L. (2006). Creativity: The Essence of Mathematics. Journal for the Education of the Gifted. Vol. 30, No. 2, 2006, pp. 236–260

Plomp, T., Akker, J. V., Bannan, B., Kelly, A.E & Nieven, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Netherland: Axis Media-ontwerpers, Enschede

Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sharma, Y. (2014). The Effects of Strategy and Mathematics Anxiety on Mathematical Creativity of School Students. Mathematics Education, 9(1), 25-37

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volume 29 (June 1997) Number 3. electronic Edition ISSN 1615-679X. Download December 30, 2016