Pengenalan Rambu Lalu Lintas sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Sekolah SDN 2 Kesek Menggunakan Media Pembelajaran Miniatur Kardus
Main Article Content
Abstract
Peningkatan pembelajaran yang terjadi pada anak sekolah dasar sering menggunakan materi yang sudah ada pada buku materi, hal ini mendorong untuk penulis melakukan pendekatan untuk pembelajaran pada anak sekolah dasar dengan menggunakan media pembelajaran miniatur kardus lalu lintas. Miniatur kardus lalu lintas mengajarkan pada anak sekolah dasar untuk bisa melihat sekilas bagaimana bentuk atau wujud jalanan yang ada pada umumnya. Pendekatan ini dilakukan untuk pengenalan proses belajar yang interaktif. Selain itu, dapat menanamkan rasa taat berlalu lintas sejak usia dini. Pada usia anak-anak lebih mudah untuk menyerap nilai-nilai patuh pada rambu-rambu lalu lintas karena pada dasarnya anak-anak akan selalu berinteraksi dengan sistem lalu lintas dan jalan raya dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut maka khususnya siswa-siswi Kelas IV SD sangat membutuhkan metode pembelajaran ini untuk mengenalkan rambu-rambu lalu lintas, khususnya rambu peringatan, larangan, perintah dan petunjuk berbasis android sebagai pembelajaran interaktif, dengan harapan agar dapat memotivasi siswa-siswi dalam membantu belajar memahami dan mengerti konsep-konsep rambu rambu lalu lintas tanpa harus membawa buku dan pengajaran menjadi lebih menarik sehingga dapat memotivasi belajar siswa-siswi SD baik di sekolah maupun diluar sekolah. Selain itu, media pembelajaran miniatur kardus lalu lintas ini bisa melatih kreativitas siswa untuk menjadi siswa yang berkreatif dan menarik.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Yuni, Wiyarti dan Gesang, Kristiyanto Nugoho, 2014, Pembangunan Media Pembelajaran Alat Transportasi Dan Rambu-Rambu Lalu Lintas Pada Taman KanakKanak Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang Sragen. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi , Vol. 6 No.1 hal. 40-45.
Setiadi, l. I. (2011). Pembangunan aplikasi pembelajaran rambu lalu lintas berbasis multimedia interaktif . Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Cecep Ruddi Kusnadi Setiawan & Rian Hafrizal. (2014). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Rambu –Rambu Lalu Lintas Untuk Calon Pengendara Di Jalan Raya Menggunakan Flash. Jurnal LPKIA. Vol.1, No.1. hal. 22-27.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., dan Smaldino, S.E., 2002, Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Hamalik, Oemar, 1986, Media Pendidikan, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Azhar, A, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Santika, Ni Wy Budi, Dewi, M.G Rini Kristiantari, dan I Gst. Ag. Oka Negara, 2014, Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri Gugus Kapten Japa, Jurnal Mimbar PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No.1.
Zaman, Badru dan Eliyawati, Cucu.2010. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.