Pengenalan Rambu Lalu Lintas sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Sekolah SDN 2 Kesek Menggunakan Media Pembelajaran Miniatur Kardus

Main Article Content

Rahmawati Rahmawati
Saokin Fataky
Widya Trio Pangestu

Abstract

Peningkatan pembelajaran yang terjadi pada anak sekolah dasar sering menggunakan materi yang sudah ada pada buku materi, hal ini mendorong untuk penulis melakukan pendekatan untuk pembelajaran pada anak sekolah dasar dengan menggunakan media pembelajaran miniatur kardus lalu lintas. Miniatur kardus lalu lintas mengajarkan pada anak sekolah dasar untuk bisa melihat sekilas bagaimana bentuk atau wujud jalanan yang ada pada umumnya. Pendekatan ini dilakukan untuk pengenalan proses belajar yang interaktif. Selain itu, dapat menanamkan rasa taat berlalu lintas sejak usia dini. Pada usia anak-anak lebih mudah untuk menyerap nilai-nilai patuh pada rambu-rambu lalu lintas karena pada dasarnya anak-anak akan selalu berinteraksi dengan sistem lalu lintas dan jalan raya dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut maka khususnya siswa-siswi Kelas IV SD sangat membutuhkan metode pembelajaran ini untuk mengenalkan rambu-rambu lalu lintas, khususnya rambu peringatan, larangan, perintah dan petunjuk berbasis android sebagai pembelajaran interaktif, dengan harapan agar dapat memotivasi siswa-siswi dalam membantu belajar memahami dan mengerti konsep-konsep rambu rambu lalu lintas tanpa harus membawa buku dan pengajaran menjadi lebih menarik sehingga dapat memotivasi belajar siswa-siswi SD baik di sekolah maupun diluar sekolah. Selain itu, media pembelajaran miniatur kardus lalu lintas ini bisa melatih kreativitas siswa untuk menjadi siswa yang berkreatif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Rahmawati, R., Fataky, S. ., & Pangestu, W. T. . (2022). Pengenalan Rambu Lalu Lintas sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Sekolah SDN 2 Kesek Menggunakan Media Pembelajaran Miniatur Kardus. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.52620/jeis.v2i2.25
Section
Articles
Author Biographies

Rahmawati Rahmawati, Universitas Trunojoyo Madura

Fakultas Hukum

Saokin Fataky, Universitas Trunojoyo Madura

Fakultas Hukum

Widya Trio Pangestu, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Yuni, Wiyarti dan Gesang, Kristiyanto Nugoho, 2014, Pembangunan Media Pembelajaran Alat Transportasi Dan Rambu-Rambu Lalu Lintas Pada Taman KanakKanak Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang Sragen. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi , Vol. 6 No.1 hal. 40-45.

Setiadi, l. I. (2011). Pembangunan aplikasi pembelajaran rambu lalu lintas berbasis multimedia interaktif . Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Cecep Ruddi Kusnadi Setiawan & Rian Hafrizal. (2014). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Rambu –Rambu Lalu Lintas Untuk Calon Pengendara Di Jalan Raya Menggunakan Flash. Jurnal LPKIA. Vol.1, No.1. hal. 22-27.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., dan Smaldino, S.E., 2002, Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hamalik, Oemar, 1986, Media Pendidikan, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Azhar, A, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Santika, Ni Wy Budi, Dewi, M.G Rini Kristiantari, dan I Gst. Ag. Oka Negara, 2014, Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri Gugus Kapten Japa, Jurnal Mimbar PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No.1.

Zaman, Badru dan Eliyawati, Cucu.2010. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Most read articles by the same author(s)