Revitalisasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka pada SMK Al-Asyari Bangkalan
Main Article Content
Abstract
Konsep kurikulum merdeka menginspirasi pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan, memberikan kebebasan dan otonomi kepada sekolah, guru, dan siswa untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan lokal dan menggalang kerja sama yang erat dalam mewujudkan proses pendidikan yang berdaya saing dan relevan. Pentingnya kerjasama antara guru dan siswa dalam mensukseskan proses belajar mengajar menjadi faktor kunci dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Guru perlu menyesuaikan strategi, metode, dan model pembelajaran dengan fase siswa sesuai dengan yang tercantum dalam Kurikulum Merdeka untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Al-Asyari Bangkalan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada siswa. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah berhasil diterapkan dengan baik di SMK Al-Asyari Bangkalan, terutama pada kelas X dan XI, dan memberikan dampak positif bagi siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi bagi guru dan calon pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Abd. Rahim Ruspa, Nirwana, Jusrianto, Busra Bumbungan, Haspidawati Nur, and Daniel Parubang. 2022. “Bimbingan Teknis Pemahaman CP, Penyusunan TP/ATP, dan Modul Ajar di SD Negeri 7 Ponjalae Palopo.” Abdimas Langkanae 2(2):140–49. doi: 10.53769/abdimas.2.2.2022.78.
Albar, Joni. 2022. “ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR 10(2):273–79. doi: 10.46368/jpd.v10i2.891.
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, and Dede Indra Setiabudi. 2022. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR.” Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan 1(2):42–50. doi: 10.56444/soshumdik.v1i2.73.
Astuti, Endang Puji. 2022. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar.” 3.
Efendi, Pitri Maharani, Tatang Muhtar, and Yusuf Tri Herlambang. 2023. “Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(2):548–61. doi: 10.31949/jee.v6i2.5487.
Fahlevi, Mahfudz Reza. 2022. “Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022).” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5(1):11–27. doi: 10.32923/kjmp.v5i1.2414.
Faiz, Aiman, Muhamad Parhan, and Rizki Ananda. 2022. “Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(1):1544–50. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2410.
Hamdi, Syahrul, Cepi Triatna, and Nurdin Nurdin. 2022. “Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7(1). doi: 10.30998/sap.v7i1.13015.
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(2):3011–24. doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Jannah, Faridahtul, Thooriq Irtifa’ Fathuddin, and Putri Fatimattus Az Zahra. 2022. “PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022.” . . Oktober 4(2).
Jannah, Suci Nurul, and Nadlrah Naimi. 2023. “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH.” 2.
Lailah, Alful, and Moh. Usman Kurniawan. 2023. “Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP MIN QU Jatiagung Gumukmas Jember.” PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural 1(1):50–59. doi: 10.31537/pandalungan.v1i1.838.
Mardiyanti, Adi Mantra, Een, Eka. n.d. “IMPLEMENTASI PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PADA KURIKULUM MERDEKA DENGAN MEDIA E-COMMERCE MARKETPLACE.”
Mufidah, Elia Firda, Peppy Sisca Dwi Wulansari, and Mudhar Mudhar. 2022. “IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 9 BLITAR.” JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN 8(1):27. doi: 10.31602/jbkr.v8i1.6916.
Pratiwi, Emy Yunita Rahma, Ratih Asmarani, Lina Sundana, Desty Dwi Rochmania, Claudya Zahrani Susilo, and Anggara Dwinata. 2023. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7(2):1313–22. doi: 10.31004/basicedu.v7i2.4998.
Pratycia, Angel, Arya Dharma Putra, Aulia Ghina Maharani Salsabila, Febri Ilhami Adha, and Ahmad Fuadin. 2023. “Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer 3(01):58–64. doi: 10.47709/jpsk.v3i01.1974.
Ramadhan, Iwan, and Warneri Warneri. 2023. “Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5(2):751–58. doi: 10.31004/edukatif.v5i2.4760.
Siahaan, Matdio. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” (1).
Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. 2022. “PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN 7(2):66–75. doi: 10.15294/harmony.v7i2.62114.
Suryazain, M. Ferry, Julistyana Tistogondo, and Dyah Ayu Restuti Wulandari. 2021. “Relevansi Kurikulum Kampus Merdeka Belajar Terhadap Kerja Praktik Lapang.” 4.
Susanti, Hendra, Fadriati Fadriati, and Iman Asroa B.S. 2023. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang.” ALSYS 3(1):54–65. doi: 10.58578/alsys.v3i1.766.
Sutrisna, Rahmat Surya, and Siti Masitoh. n.d. “EFEKTIFITAS TEKNIK KOMUNIKASI DARING SINKRON, ASINKRON DAN MOTIVASI KERJA, DALAM SOSIALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIK TENTANG KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI BABELAN KABUPATEN BEKASI.”
Ulandari, Sukma, and Desinta Dwi Rapita. 2023. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik.”