Pengaruh Model Pembelajaran Learning Contract (Kontrak Belajar) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Nurul Islam Pungging Mojokerto

Main Article Content

Ahmad Fauzi
Yudi Prasetyo
Yuddy Christiawan

Abstract

Artikel ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan learning contract terhadap pemahaman dan hasil belajar sejarah materi kolonialisme dan imperialisme di Indonesia peserta didik kelas XI IPS MA Nurul Islam Pungging Mojokerto. Artikel ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen dengan pola pretest posttest design. Kelas XI IPS Lughoh sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS Alat sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan learning contract. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Hasil validasi learning contract dari validator dengan nilai 5 dengan kategori sangat baik, validasi instrumen soal rata-rata nilai 5 dengan kategori sangat baik, validasi instrumen angket respon peserta didik rata-rata nilai 4 dengan kategori sangat baik. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi (sig.2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima dengan kriteria ada pengaruh yang signifikan penggunaan learning contract  terhadap nilai sebelum (pretest) dan sesudah (posttest). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran learning contract terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X MA Nurul Islam Pungging Kab. Mojokerto. Sehingga dapat membangun karakter peserta didik yang mandiri,  jujur, percaya diri, karena peserta didik sebelum melaksanakan pembelajaran harus membuat kesepakatan belajar yang dikenal dengan istilah  learning contract. Peserta didik lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran karena memiliki target atau tujuan belajara yang jelas. Hal ini tercermin pada kelas XI IPS Alat sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini mendapat nilai yang lebih baik antara pre test dan post test melalui learning contract. Persepsi peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan pemanfaatan model pembelajaran learning contract  lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi hasil belajarnya. Hal tersebut dikarenakan sebelum pembelajaran berlangsung peserta didik dan pendidik telah membuat sebuah kesepakatan tertulis berupa learning contract sehingga peserta didik termotivasi untuk lebih giat belajar karena mereka berusaha untuk mencapai target-target hasil pembelajarannya yang akan dicapai sesuai dengan kesepakatan bersama guru mata pelajaran sejarah

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Fauzi, A. ., Prasetyo, Y. ., & Christiawan, Y. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Contract (Kontrak Belajar) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Nurul Islam Pungging Mojokerto. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.52620/jeis.v2i2.14
Section
Articles
Author Biography

Ahmad Fauzi, STAI Nurul Islam Mojokerto

Pendidikan Sejarah

References

Apriyani. (2015). Penerapan Model Learning Contract Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah IV Palembang. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, Vol. 13 No. 2.

Basuki dan Hariyanto. (2014). Assesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kunandar. (2013). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maqbulin, A. (2018). Contract Learning Through Hidden Curriculum As Part Of Character Education For Madrasah Aliyah Students. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, Vol.12 No. 2.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Widiadi, (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.