Pengaruh Model Pembelajaran Learning Contract (Kontrak Belajar) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Nurul Islam Pungging Mojokerto
Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan learning contract terhadap pemahaman dan hasil belajar sejarah materi kolonialisme dan imperialisme di Indonesia peserta didik kelas XI IPS MA Nurul Islam Pungging Mojokerto. Artikel ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen dengan pola pretest posttest design. Kelas XI IPS Lughoh sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS Alat sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan learning contract. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Hasil validasi learning contract dari validator dengan nilai 5 dengan kategori sangat baik, validasi instrumen soal rata-rata nilai 5 dengan kategori sangat baik, validasi instrumen angket respon peserta didik rata-rata nilai 4 dengan kategori sangat baik. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi (sig.2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima dengan kriteria ada pengaruh yang signifikan penggunaan learning contract terhadap nilai sebelum (pretest) dan sesudah (posttest). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran learning contract terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X MA Nurul Islam Pungging Kab. Mojokerto. Sehingga dapat membangun karakter peserta didik yang mandiri, jujur, percaya diri, karena peserta didik sebelum melaksanakan pembelajaran harus membuat kesepakatan belajar yang dikenal dengan istilah learning contract. Peserta didik lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran karena memiliki target atau tujuan belajara yang jelas. Hal ini tercermin pada kelas XI IPS Alat sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini mendapat nilai yang lebih baik antara pre test dan post test melalui learning contract. Persepsi peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan pemanfaatan model pembelajaran learning contract lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi hasil belajarnya. Hal tersebut dikarenakan sebelum pembelajaran berlangsung peserta didik dan pendidik telah membuat sebuah kesepakatan tertulis berupa learning contract sehingga peserta didik termotivasi untuk lebih giat belajar karena mereka berusaha untuk mencapai target-target hasil pembelajarannya yang akan dicapai sesuai dengan kesepakatan bersama guru mata pelajaran sejarah
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Apriyani. (2015). Penerapan Model Learning Contract Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah IV Palembang. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, Vol. 13 No. 2.
Basuki dan Hariyanto. (2014). Assesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kunandar. (2013). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maqbulin, A. (2018). Contract Learning Through Hidden Curriculum As Part Of Character Education For Madrasah Aliyah Students. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, Vol.12 No. 2.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Widiadi, (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.