Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMP Negeri 4 Samarinda
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII-3 SMP Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group pre-test post-test Design. Dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas VII-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar awal (pre-test) dan tes hasil belajar akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata nilai pre-test siswa adalah 61,47, sedangkan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 85,14, dengan peningkatan sebesar 38,53%, dan dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga H0 ditolak.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Alfianti, A., Taufik, M., & Rahman Hakim, Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. In Indonesian Journal Of Elementary Education (Vol. 2, Issue 1). Http://Jurnal.Umt.Ac.Id/Index.Php/Ijoee
Amsul, K. M., Irmayanti, I., Fitriani, F., & P, S. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Man 2 Sinjai. Jtmt: Journal Tadris Matematika, 3(1), 10–17. Https://Doi.Org/10.47435/Jtmt.v3i1.973 (Diakses 25 Juni 2024)
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz Sebagai Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.v6i3.1604 (Diakses 25 Juni 2024)
Nurfaziah (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2) (Diakses 25 Juni 2024)
Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.v3i5.785 (Diakses 25 Juni 2024)
Supriadi, N., Tazkiyah, D., Fakultas, I., Budaya, I., Jenderal, U., & Abstrak, S. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin Asosiasi Program Studi Mandarin Indonesia, 5(1). Https://Quizizz.It/ (Diaskes 25 Juni 2024)
Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 915–921. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.v7i3.1286