Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMP Negeri 4 Samarinda

Main Article Content

Hanny Novianti
Eko Subastian
Dewi Rosita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII-3 SMP Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group pre-test post-test Design. Dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas VII-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar awal (pre-test) dan tes hasil belajar akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata nilai pre-test siswa adalah 61,47, sedangkan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 85,14, dengan peningkatan sebesar 38,53%, dan dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga H0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Novianti, H., Subastian, E. ., & Rosita, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMP Negeri 4 Samarinda. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(2), 128–135. https://doi.org/10.52620/jeis.v4i2.75
Section
Articles

References

Alfianti, A., Taufik, M., & Rahman Hakim, Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. In Indonesian Journal Of Elementary Education (Vol. 2, Issue 1). Http://Jurnal.Umt.Ac.Id/Index.Php/Ijoee

Amsul, K. M., Irmayanti, I., Fitriani, F., & P, S. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Man 2 Sinjai. Jtmt: Journal Tadris Matematika, 3(1), 10–17. Https://Doi.Org/10.47435/Jtmt.v3i1.973 (Diakses 25 Juni 2024)

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz Sebagai Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.v6i3.1604 (Diakses 25 Juni 2024)

Nurfaziah (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2) (Diakses 25 Juni 2024)

Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.v3i5.785 (Diakses 25 Juni 2024)

Supriadi, N., Tazkiyah, D., Fakultas, I., Budaya, I., Jenderal, U., & Abstrak, S. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin Asosiasi Program Studi Mandarin Indonesia, 5(1). Https://Quizizz.It/ (Diaskes 25 Juni 2024)

Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 915–921. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.v7i3.1286