Pengaruh Minat Membaca Buku Teks, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPS Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 4 Mojokerto
Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hubungan antara minat baca buku teks, kemandirian belajar, dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Mojokerto dengan jumlah sampel 78 peserta didik yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan hasil belajar kognitif IPS peserta didik; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif IPS peserta didik; dan (3) ada hubungan antara minat baca dan kemandirian belajar secara simultan dengan hasil belajar kognitif IPS peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa minat dan kemandirian membaca perlu ditingkatkan melalui sumber dan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Astuti, R., & Hisyam, D. (2012). Hubungan kemandirian belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 12(1), 26–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/efisiensi.v12i1.3865
Ayu, S., & Nurafni, N. (2022). Dinamika learning Loss Materi KPK dan FPB di Masa Kebiasaan Baru.
Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 6(4), 6097–6109.
Darmono, S. D. (2007). Perpustakaan sekolah: Pendekatan aspek manajemen dan tata kerja. In Jakarta: Grasindo.
Hidayah, A. K. S. (2016). Pengaruh kemandirian belajar, minat baca, dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi peserta didik kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan instrumen kemandirian belajar mahapeserta didik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1).
Khairuddin, Z. (2013). A study of students’ reading interests in a second language. International Education Studies, 6(11), 160–170. https://doi.org/10.5539/ies.v6n11p160
Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2018). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 341–345. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347
Lani, C. M., Imron, A., & Basri, M. (2017). Hubungan Minat Membaca Buku IPS Dengan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian IPS), 5(5).
Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis situasi pembelajaran selama pandemi Covid-19 di SDB senurus: kemungkinan terjadinya learning loss. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 328–336.
Melvin, T., & Surdin, S. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Peserta didik Kelas X Sma Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(2), 1– 14.
Pebriansyah, Binasar, S. S., & Silondae, D. P. (2019). Hubungan minat membaca dengan kemandirian belajar peserta didik SMPN 1 Ladongi. Jurnal Belajar Bimbingan Konseling (BENING), 3(2), 81–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/bening.v3i2.10710
Rahim, F. (2007). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Bumi Aksara.
Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi belajar peserta didik kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 1(1), 26–36.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.
Sunarti, S. R. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013 membantu guru dan calon guru mengetahui langkah- langkah penilaian pembelajaran. CV Andi Offset.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Sutrisno, V. L. P., & Peserta didiknto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.
Wijaya, R. S. (2015). Hubungan kemandirian dengan aktivitas belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3), 40–45.
Yusiana, U., & Prasetya, S. P. (2022). Pengembangan media e-comic terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Dialektika Pendidikan IPS, 1(1), 23–33.