Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Sejarah Kelas VII melalui Penerapan Outdoor Learning berbasis Inkuiri di SMP Negeri 4 Mojokerto
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penyelesaian masalah kualitas pembelajaran sejarah Indonesia di kelas VII SMPN 4 Mojokerto. Permasalahan kualitas pembelajaran di kelas ini mencakup rendahnya proses pembelajaran dalam hal keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dilakukan dengan menerapkan outdoor learning berbasis inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran setelah dua kali siklus pemberian tindakan.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marfuah, I., Mardiyana, dkk (2014). Pengembangan Model Pembelajaran NHT (Number Head Together) Berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Kelas X Pada Materi Pokok Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 2: 655-666.
Nurhasanah, M., Rudiyanto, & Budiana, (2013). Pengaruh Permainan Outdoor Education Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Taman Kanak-Kanak, (Online), (diakses tanggal 29 Oktober 2019).
Rusman., Kurniawan, D., & Riyana, C. (2014). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi; Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2015). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Sudjana, N. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarmi. (2014). Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran; Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Suryani, N. & Agung, L. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Suyono & Hariyanto. (2015). Belajar Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.