Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Sejarah Kelas VII melalui Penerapan Outdoor Learning berbasis Inkuiri di SMP Negeri 4 Mojokerto

Main Article Content

Yuddy Christiawan

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penyelesaian masalah kualitas pembelajaran sejarah Indonesia di kelas VII SMPN 4 Mojokerto. Permasalahan kualitas pembelajaran di kelas ini  mencakup rendahnya proses pembelajaran dalam hal keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dilakukan dengan menerapkan outdoor learning berbasis inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran setelah dua kali siklus pemberian tindakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Christiawan, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Sejarah Kelas VII melalui Penerapan Outdoor Learning berbasis Inkuiri di SMP Negeri 4 Mojokerto. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.52620/jeis.v1i2.8
Section
Articles

References

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marfuah, I., Mardiyana, dkk (2014). Pengembangan Model Pembelajaran NHT (Number Head Together) Berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Kelas X Pada Materi Pokok Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 2: 655-666.

Nurhasanah, M., Rudiyanto, & Budiana, (2013). Pengaruh Permainan Outdoor Education Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Taman Kanak-Kanak, (Online), (diakses tanggal 29 Oktober 2019).

Rusman., Kurniawan, D., & Riyana, C. (2014). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi; Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. (2015). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Sudjana, N. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarmi. (2014). Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran; Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Suryani, N. & Agung, L. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Suyono & Hariyanto. (2015). Belajar Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.