Implementasi Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam menyampaikan implikasi akronim IPA. Subjek penelitian adalah sekelompok siswa kelas VIII dari salah satu madrasah swasta di Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ukuran sampel kecil. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode eksperimen dan non-eksperimental. Analisis penilaian ganda melalui dua puluh lima soal pilihan, sedangkan non-penilaian lima pilihan ganda melalui observasi. Data yang telah dianalisis dilakukan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 75,07 persen pada kategori sedang prasiklus menjadi 78,97 persen dengan kategori sedang siklus I, kemudian kembali meningkat menjadi 84,10 persen pada kategori tinggi siklus II. Indikator keberhasilan penelitian telah terpenuhi yang didasari atas terlampauinya persentase rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar yang didapatkan oleh peserta didik. Selain itu, memasukkan PBL ke dalam pendidikan sains dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Anjelina, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, Vol 23, No 1, p.21-32.
Arifudin, O. 2022. Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori dan Praktis). Bandung: CV. Widina Media Utama.
Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. 2020. Problem Based Learning dan Argumentation sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Penelitian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Vol 6, No 2, p.197.
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, Vol 7, No 2, p.141-148.
Dewi, N. M. J., Putra, K. N. S., & Ganing, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi terhadap Hasil Belajar IPA. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol 5, No 2.
Fatma, A. N., & Budhi, W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(Desember), p.23-29.
Fitriani, S. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III pada Materi Perubahan Cuaca di SDN 02 Manisrejo Kota Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Konferensi Ilmiah Dasar, Vol 2, No 3, p.44-52.
Kartika, N. W. B., Murda, I. N., & Dharmayanti, P. A. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol 5, No 2, p.1-11.
Najih, A., & Adityawan, T. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Praktikum pada Materi Titrasi Asam-Basa. UNESA Journal of Chemical Education, Vol 13, No 1, p.70-76.
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2019. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA pada Pembelajaran Tematik Menggunakan PBL. Naturalistic: Jurnal Penelitian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3, No 2, p.320-329.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 7, No 3, p.241.
Rahmasari, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 5, No 36, p.3456-3465.
Rosyid, H. N., Wahyono, U., & Darmadi, I. W. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Kit IPA Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMPN 1 Tomini. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol 5, No 2, p.30.
Safrida, M., & Kristian, A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 7, No 1, p.53-65.
Septya, E., Febriana, R., & Hafizah, D. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Penalaran Komunikasi Matematis Siswa. Letters of Mathematics Education, Vol 4, No 2.
Suartika, I. K. A., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, Vol 3, No 1, p.53.
Suginem. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi, Vol 3, No 1, pp.32-36.
Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, Vol 2, No 1, p.13-21.
Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol 4, No 2, p.200-209.
Wijayama, B. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, Vol 10, No 2, p.190-198.
Yuafian, R., dan Astuti, S. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, Vol 3, No 1, pp.17-24.