Kompetensi Guru Pesantren Modern (Studi tentang Pedagogical Content Knowledge)

Main Article Content

Dalia Utari
Radinal Mukhtar Harahap
Abdullah Sani Ritonga

Abstract

Artikel ini merupakan penjabaran atas kompetensi pedagogik guru pondok pesantren modern yang tidak hanya dibatasi pada pedagogical knowledge, tetapi juga mengintegrasikannya dengan content knowledge guna membentuk kompetensi yang disebut pedagogical content knowledge. Artikel ini didasarkan pada penelitian lapangan di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang telah menyelenggarakan kegiatan pendidikan selama 40 tahun (1982-2022). Penelitian ini menemukan bahwa guru di pondok pesantren harus (1) memiliki pengetahuan yang mendalam tentang materi (mâddah) yang diajarkannya dan (2) memiliki keterampilan untuk mengajarkan materi tersebut. Untuk yang pertama, pesantren mengkajinya dari latar belakang keilmuan, termasuk perilaku guru sehari-hari, membenahinya melalui pembinaan dan pelatihan, dan mewajibkannya untuk menyiapkan pelajaran secara tertulis (I'dâd Tadrîs). Adapun yang kedua, pesantren menawarkan micro-teaching pada awal penerimaan sebagai guru, membentuk kelompok Ta'hîl, dan sewaktu-waktu mengangkat guru senior untuk mengambil alih pengawasan langsung. Dengan demikian kualitas pembelajaran dapat terpantau bahkan ditingkatkan. Dokumen ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi lembaga tersebut ataupun lembaga pendidikan lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Utari, D., Harahap, R. M., & Ritonga, A. S. (2023). Kompetensi Guru Pesantren Modern (Studi tentang Pedagogical Content Knowledge). Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(2), 139–146. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i2.48
Section
Articles

References

Al-Attas, S. M. N. (2011). Islam dan Sekularisme (K. Muammar, Penerj.). Institut Pemikiran Islam dan Pembangunan Insan (PIMPIN).

Appleton, K. (2006). Science pedagogical content knowledge and elementary school teachers. Elementary science teacher education: International perspectives on contemporary issues and practice, 31–54.

Azra, A. (1997). Pesantren: Kontinuitas dan Perubahan. Dalam Bilik-Bilik Pesantren. Paramadina.

Bahruddin, B., Ahmad, A., & Khalim, A. (2023). Konsep Kompetensi Pedagogik Guru dalam Kitab Ushul Al Tarbiyah Wa Al Ta’lim. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 443–453.

Dhofier, Z. (2014). The Pesantren Tradition: A Study of the Role of the Kyai in the Maintenance of the Traditional Ideology of Islam in Java.

Gudmundsdottir, S., & Shulman, L. (1987). Pedagogical content knowledge in social studies. Scandinavian Journal of Educationl Research, 31(2), 59–70.

Halim, L., & Meerah, S. M. M. (2002). Science trainee teachers’ pedagogical content knowledge and its influence on physics teaching. Research in Science & Technological Education, 20(2), 215–225.

Harahap, A. (2020). Dars Naqd: Strategi Peningkatan Mutu Guru di Pondok Pesantren. Bahsun Ilmy: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 25–32.

Harahap, R. M. (2022). Idealisme, Keikhlasan, dan Komitmen: Pemaknaan Profesi Guru di Lingkungan Pesantren Modern. Idrak: Journal of Islamic Education, 4(2), 357–370.

Harahap, R. M. (2023). GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: STUDI PENERAPAN METODE KETELADANAN. 1(1), 35–48.

Lillah, M. A. J. (2023). Kompetensi guru Pesantren Muadalah perspektif KH. Imam Zarkasyi. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 33–44.

Loughran, J., Mulhall, P., & Berry, A. (2008). Exploring pedagogical content knowledge in science teacher education. International Journal of Science Education, 30(10), 1301–1320.

Magnusson, S., Krajcik, J., & Borko, H. (1999). Nature, sources, and development of pedagogical content knowledge for science teaching. Examining pedagogical content knowledge: The construct and its implications for science education, 95–132.

Nichols, T. (2017). The Death of Expertise: The Campaign Against Established Knowledge and Why it Matters. Oxford University Press.

Rasyidin. (2019). Sekolah Tinggi Pondok Pesantren: Ide, Gagasan, Cita-Cita dan Impian. Rawda Publishing.

Rasyidin, & Harahap, R. M. (2020). Wawasan Tentang Pendidikan Islam: Sebuah Pembacaan Awal. Rawda Publishing.

Sarkim, T. (2015). Pedagogical content knowlegde: Sebuah konstruk untuk memahami kinerja guru di dalam pembelajaran. Prosiding Pertemuan Ilmiah HFI Jateng dan DIY, 29(53), 25.

Sekretariat. (2019). Profil Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Raudhah Press.

Shaw, B. (1903). Man and Superman: A Comedy and a Philosophy. The University Press.

Shulman, L. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard educational review, 57(1), 1–23.

Shulman, L. S. (1986). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational researcher, 15(2), 4–14.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulaiman, R., & Rusdiah, R. (2022). Pelatihan Lesson Study sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik bagi Guru Pondok Pesantren Wihdatul Ulum. Madaniya, 3(4), 1100–1110.

Sutrisno, A., Sunanto, Ma’afi, R. H., & Budiman, A. (2014). Ushulul Tarbiyah wa Ta’lim. Gontor Press.

Umniyah, W. F., & Wachid, A. (2022). Tingkat Implementasi Kompetensi Pedagogik Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Al-Ghazali Pada Guru Pendidikan Kesetaraan Tingkat Wustho Al-Fiel. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2).

Yasin, A., Syukur, B. D. R., Wulandari, C. E., & Zafirah, A. F. A. (2021). Principal of KMI (Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah) Efforts to Upgrade Teacher’s Professionalism. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 32–42.

Zarkasyi, A. S. (2011). Bekal Untuk Pemimpin: Pengalaman Memimpin Gontor. Trimurti Press.

Zarkasyi, I. (1997). Serba-Serbi Singkat Tentang Pondok Modern Darussalam Gontor: Untuk Pekan Perkenalan Tingkat Dua. Darussalam Press.