Penerapan TIK Sederhana pada Siswa SDN Kesek 2 Bangkalan

Main Article Content

Mutmainnah Mutmainnah
Septia Tri Nurmaya
Silmi Rahma Raihana
Widya Trio Pangestu

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu padanan yang tidak terpisahkan tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, dan transfer atau pengalihan informasi antar media dengan memanfaatkan perangkat teknologi yang tepat sehingga berlangsung efektif dan efisian dan memerikan nilai tambah dalam proses interaksi sosial. Pendidikan di Indonesia saat ini mulai mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan mampu meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan program pelatihan ini adalah untuk menambah dan memperluas wawasan dan pengetahuan siswa sekolah dasar dalam memahami dan mengaplikasikan Microsoft word secara optimal. Proses pelatihan yang dilakukan menggunakan metode penjelasan dan praktek menggunakan perangkat seperti laptop dan komputer. Pendekatan ini dilakukan untuk pengenalan proses belajar yang interaktif. Selain itu, siswa dapat langsung memahami apa yang diajarkan jika dibarengi dengan praktek. Hasil dari pelatihan yang dilakukan ini adalah menambah ilmu dan wawasan siswa-siswi SDN Kesek 2 dalam menggunakan aplikasi Microsoft Word. Siswa-siswi SDN Kesek 2, yang sebelumnya tidak bisa mengoperasikan komputer dan belum bisa menggunakan program Microsoft Word secara optimal, saat ini mulai menguasai program aplikasi Microsoft Word berkat pelatihan oleh tim PKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Mutmainnah, M., Nurmaya, S. T. ., Raihana, S. R. ., & Pangestu, W. T. . (2022). Penerapan TIK Sederhana pada Siswa SDN Kesek 2 Bangkalan. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.52620/jeis.v2i1.15
Section
Articles
Author Biographies

Mutmainnah Mutmainnah, Universitas Trunojoyo Madura

Sistem Informasi

Septia Tri Nurmaya, Universitas Trunojoyo Madura

Sistem Informasi

Silmi Rahma Raihana, Universitas Trunojoyo Madura

Sistem Informasi

Widya Trio Pangestu, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Kesiapan Guru Menggunakan ICT di Kelas:The Kasus Neg

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. araBerkembang.

Mashadicesar’s Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SD Negeri 2 Rejosari.

UNESCO ICTCOMPETENCY FRAMEWORKFOR TEACHERS. Version 2.0

Alisa, Marthya, 2010. Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Panca Indera Untuk Siswa SD Berbasis Multimedia , Skripsi Program Studi Teknik Informatika Atma Jaya, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Binanto, Iwan, 2010. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya, Yogyakarta : Andi.

Iwayan S. A. Mukti, Arie S. M. Lumenta, Brave A. Sugiarso.2016. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Umur 6 – 9 Tahun Berbasis Android. E-journal Teknik Informatika. volume 7. No. 1. Hal 1-6.