Peran Car Free Day sebagai Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Mojokerto
Main Article Content
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pilar penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjuatan. Pemberdayaan UMKM banyak bermunculan pada kegiatan Car Free Day di berbagai kota termasuk Mojokerto. Oleh karena itu, Car Free Day memiliki potensi dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan langkah observasi dan wawancara pelaku UMKM yang beroperasi pada kegiatan Car Free Day wilayah Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Car Free Day dapat meningkatkan 2 kali lipat pendapatan para pelaku UMKM dan PKL dibandingkan beroperasi diluar kegiatan tersebut. Peningkatan pendapatan ini terjadi karena pengunjung yang ramai dalam kegiatan Car Free Day. Selanjutnya, harapan besar bagi para pelaku UMKM bahwa keberlangsungan kegiatan Car Free Day dapat dipertahankan bahkan diperluas titik-titik wilayah Mojokerto yang belum dijangkau.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Devi, C. S., & Zakso, A. (2016). Dampak Car Free Day Bagi Pedagang Kaki Lima di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 5(11), 1-14. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i11.17332
Djatmiko, A. A., & Cahyoadi, B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran dan Pengolahan Produk Secara Inovatif Sebagai Optimalisasi Eksistensi BUMDes dan Pelaku UMKM di Era New Normal. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(2), 96-106. https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i2.1792
Hanim, Lathifah & Noorman, MS. 2018. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: UNISSULA Press.
Habibi, N. S., Kasanova, R., Oktasari, A. F., Nuritasari, F., & Anjarani, D. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Usaha Kecil dan Menengah Car Free Day Kabupaten Pamekasan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1), 65-74. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i1.2335
Hasanah, U., Winarti, I., & Puteri, D. R. A. (2023). Inovasi Kemasan dan Pemasaran Ukm Kerupuk Pattola Untuk Meningkatkan Pendapatan Desa Gadingsari. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 8(1), 25-35.
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Bank Indonesia. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Diakses dari www.bi.go.id pada 8 November 2023.
Mardiana, S., & Annisarizki, A. (2017). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Paguyuban Wirausaha Cilegon (Pawon) Dalam Cilegon Car Free Day. Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1), 166-129. http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v10i1.4278
Purwanti, E. (2013). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1), 13-28. http://dx.doi.org/10.52353/ama.v5i1.65
Sucahyo, I., Hidayatullah, M. R., Amrullah, M. J., Karimah, Z., Musthofa, A., & Aisyah, S. (2023). Upaya Pemerintah Dalam Mengembangkan UMKM Melalui Program Car Free Day Di Kota Kraksaan. Dialektika: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 8(1), 99-111. https://doi.org/10.36636/dialektika.v8i1.2088
Sugiyono. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suranto, S., Sulistyanto, A., & Marimin, A. (2022). Program Magang Wirausaha Merdeka Meningkatkan Mental Berdaya Wirausaha Mahasiswa. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 530-535. http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6924
Tanjung, A. 2016. Koperasi dan UMKM sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Winduro, W., Suhita D., & Raharjo, F.S. 2023. Menggugah UMKM Melalui Eksistensi Car Free Day Desa Jetiswetan Pedan Klaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3977-3985. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15524
Yunitasari, D., Rosyidah, L. N., Rohmah, L., Ningsih, D. F. C., Afiyana, R. L., & Febrianti, N. A. (2023). Pendampingan UMKM Batik CV. Wecono Asri Dalam Meningkatkan Jumlah Peminat Melalui Pameran di Car Free Day Jl. Dhoho Kota Kediri. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 259-269. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i2.392