Elmoh Bharung Sebagai Transmisi Ilmu Tengka dalam sudut Pandang Pendidikan Islam

Main Article Content

Qomaruddin Qomaruddin
Maimun Maimun
Heni Listiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ilmu bharung sebagai tranmisi ilmu tengka, Penelitian ini berangkat dari antusias masyarakat dalam menjujung tinggi ilmu tengka, dan paradigma masyarakat yang berkeyakinan bahwa Ilmu tengka merupakan yang tidak ada teorinya dan hanya bisa dipraktikkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena menggunakan manusia sebagai intrumen untuk menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus yang bertempat di kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis komperatif antara praktik sosial dan Pendidikan islam melalui kaidah fiqih. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa Bharung menjadi tempat yang multi fungsi, seperti sarana untuk jual beli untuk memenuhi kebutuhan dan berinteraksi sosial sekalipun berpotensi adanya ghibah tetapi juga menjadi sarana untuk menggali informasi dan pembelajaran ilmu tengka 


Kata Kunci: Elmoh Bharung, Tranmisi, Ilmu Tengka dan Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Qomaruddin, Q., Maimun, M., & Listiana, H. (2024). Elmoh Bharung Sebagai Transmisi Ilmu Tengka dalam sudut Pandang Pendidikan Islam. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(2), 136–145. https://doi.org/10.52620/jeis.v4i2.86
Section
Articles

References

Hidayat, T., & Asyafah, A. (1970). Paradigma Islam Dalam Metodologi Penelitian Dan Implikasinya Terhadap Penelitian Pendidikan Agama Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 225–245. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2507

Abd Choliq Rizqi, Karangpenang Oloh Karangpenang Sampang, Wawancara Langsung, (02 Oktober 2024)

KH. Ach. Fauzan Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin, Wawancara Langsung, (05 Oktober 2024).

Mohammad Abd Latif, PengembanganMetodePendidikan Agama Islam Berbasis Kisah Qurani Sebagai Media Penanaman Karakter Islami, Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, Vol. 2, No. 1,2021, pp. 21-36 https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3659

Abu Al-Qasim Mahmud Al-Zamasyari, Al-Kassyaf an Haqa’iq Ghawamidl Al-Tanzil, (Bairut: Dar Al-Kutub Al-Arabi, (Maktab Al-Syamilah), 1407, H.),510, J. 2.

Pustaka Ilmu Sunni KTB. Tanya Jawab Islam, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.zam.pisslite

Sayyid Abi Bakar Al-Husaini, Al-Moqtathafat li-Syarhi Al-Faraid Al-Bahiyah, (Pasuruan: Sidogiri Penerbit, 2015), 47

Ensiklopedi Hukum Islam atau al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, (Maktabah), Juz 20, hlm329

Abdurrahman Al-Ahdlari, Sullam Al-Munauraq, (Pasuruan: Sidogiri Penerbit, 1442 H), 32

Rudi, Karangpenang Oloh Karangpenang Sampang, wawancara langsung, (01 Oktober 2024)

Silvi Nurul Izzah, Persepektif Al-Qur’an dan Hadis Terhadap maraknya perilaku ghibah di Era Globalisasi. (osf.io,2020)

Syarif Ali Al-Jurjani, Al-Ta’rifat, (Al-Aqsha bi idzni Al-Haramain, t,t.)

Robert Bogdan dan Steven J. Taylor, Metoda Penelitian Kualitatif (Surabaya: Usaha Nasional, 1992), hlm. 21-22.

Ardietya Kurniawan, PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PENIKMAT WARUNG KOPI, Jurnal Sosiologi DILEMA, Vol. 32, No. 1 Tahun 2017, 17 ISSN: 0215/9635, https://jurnal.uns.ac.id/dilema

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian kualitatif, (Bandung: Rosda, 2005)

Kosim, Maimun dan Mohammad. Moderasi Islam Di Indonesia. LKiS, 2019.

Utsman, Hasani. “Tengka : Etika Sosial Dalam Masyarakat Tradisional Madura.” Karya Ilmiah-Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta., 2018.

Zainuddin Syarif. “KONSEP PENDIDIKAN TÉNGKÂ (MORAL) MENURUT K.H. ABD HAMID BIN ISTBAT (1868-1933) BANYUANYAR PAMEKASAN.” Nuansa Vol. 15 No (2018): 1–23.