Karakteristik Hukum Islam Fleksibilitas, Keadilan, dan Kemaslahatan dalam Perspektif Normatif
Main Article Content
Abstract
Hukum Islam mempunyai Karekter yang berbeda dengan Hukum adat ataupun hukum lain pada umumnya. Hukum islam mempuyai Karakter khusus yaitu tetap dalam bidang Ibadah dan Elastis dalam bidang hukum Muamalah. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis secara mendalam hukum Islam dengan melihat karakter khusus yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian hukum normatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal ibadah, hukum islam bersifat tetap sejak zaman Nabi sampai sekarang seperti hukum ibadah sholat lima waktu, sedangkan dalam hal hukum muamalah dimana hukum ini terkait dengan hubungan manusia dengan manusia terus mengalami perubahan sesuai dengan situasi dan kondisi dimana masyarakat muslim itu hidup. Oleh karena itu, dalam hal hukum Islam karakter yang dimilikinya sangat unik dan tidak pernah habisnya untuk terus kemudian dikaji dan dipelajari
Downloads
Metrics
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press. https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Anas, A., & Adinugraha, H. H. (2017). Dakwah Nabi Muhammad terhadap Masyarakat Madinah Perspektif Komunikasi Antarbudaya. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 53–72. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1356
Arif, M. S. (2020). Sifat Dan Karakteristik Hukum Islam. Siyasah : Jurnal Hukum Tata Negara, 3(2), 30-38.
Az-Zarqa, A.M. (1996). Syarh al-Qowaid al-Fiqhiyyah. Biarut: Dar-al-Qalam.
Djazuli, A. (1997). Fiqih Jinayah menanggulangi kejahatan dalam Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Fatarib, H. (2014). Prinsip Dasar Hukum Islam (Studi terhadap Fleksibilitas dan Adaptabilitas Hukum Islam). Jurnal NIZAM, 4(1), 66-74, https://doi.org/10.32332/istinbath.v15i2.1265.
Ghufron, A. M. (2002). Fiqih Muamalah Kontekstual, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Gunawan, H. (2018). Karakteristik Hukum Islam. Jurnal Al-Maqasid, 4(2), 105-125. https://doi.org/10.24952/almaqasid.v4i2.1429
Hanin, H.S., Mat Akhir, N. S., Ismail, Z., Ismail, A., & Mohd Arib, N. (2017). The Application of Ibadah (Worship) in Counseling: Its Importance and Implications to Muslim Clients. Journal of religion and health, 56(4), 1302–1310. https://doi.org/10.1007/s10943-015-0122-6
Harahap, N.S. & Hasanah, U. (2025). Sifat dan Karakteristik Hukum Islam. Aliansi : Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 339-348, https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i1.781
Hasaballah, A. (1959). Ushul al-Tasyri’ al-Islamy, Mesir: Dar al-Ma’arif.
Husen, I. (1996). Fungsi Hukum Islam dalam Kehidupan Ummat Islam, dalam Deminsi Hukum Islam dalam sistem hukum Nasional, ed. Amrullah A. Jakarta: Gema Insani Press. 1996.
Iryani, E. (2017). Hukum Islam, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(2), https://doi.org/10.33087/jiubj.v17i2.357
Khallaf, A.W. (2001). Sejarah Pembentukan dan Perkembangan Hukum Islam. Jakarta: PT RajaGrandindo Perdada.
Kusumastuti, A. & Khoiron, A.M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Mahmudin. (2021). Karakteristik Hukum Islam dan Asas Penerapannya. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 21(1), 16-41.https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v21i1.147
Majid Khon, A. (2003). Ikhtisar Tarikh Tasyri’. Jakarta: Amzah.
Mardani. (2015). Hukum Islam, Pengantar Hukum Islam di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mas’ud, M.K. (1999). Filsafat Hukum: Pemikiran terhadap Abu Ishaq as-Syatibi, Bandung: Pustaka Madani.
Mauluddin, S. (2004). Karakteristik Hukum Islam. Jurnal Al-Syir’ah, 2(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30984/as.v2i1.218
Nawawi, I. (1996). Riyadussholihin. Bairut. Al-Maktab al-Islami.
Patmawati. (2014). Sejarah Dakwah Rasulallah SAW di Mekah dan Madinah. Pontianak: IAIN Pontianak.
Ranuwijaya, U. (1998). Ilmu Hadits,.Jakarta: Gaya Media Pratama.
Shahrur, M. (2004). Metodologi Fiqih Islam Kontemporer. Yogyakarta: elSaq Press.
Shihab, Q. (2000). Sejarah dan Ulumul Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus
Sholeh, H. (2003). Metode Dakwah al-Qur’an. Terjemahan dari Nahju al-Qur’an fi al-Dakwah. Bogor: al-Azhar Press.
Strauss, A & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tanuri. (2024). Epistemologi Hukum Islam Dalam Hukum Positif di Indonesia. Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial, 12(1), 53-66. http://dx.doi.org/10.30868/am.v12i01.6545
Taufik, M., & Yasir, M. (2017). Mengkritisi Konsep Islamisasi Ilmu Ismail Raji Al-Faruqi: Telaah Pemikiran Ziauddin Sardar. Jurnal Ushuluddin, 25(2), 109. https://doi.org/10.24014/jush.v25i2.3830
Wahab, A.K. (2001). Sejarah Pembentukan dan Perkembangan Hukum Islam. Jakarta: PT Raja Grandindo Perdada.
Wirdayaningsih, N. (2001). Hukum Islam dan Pelaksanaannya di Indonesia.Jurnal Hukum dan Pembangunan, 31(4):36, http://dx.doi.org/10.21143/jhp.vol31.no4.1295
www.hisbah.net/sholat-adalah-amalan-yang-pertama-kali-akan-dihisab/?msclkid=a663a6f1ae3111ec848777bfaeca193
Yafie, A. (1996). Fungsi Hukum Islam dalam Kehidupan Ummat” dalam Dimensi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional. Ed. Amrullah A. Jakarta: Gema Insani Press.