Resiliensi Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam dalam Menyelesaikan Tugas Akhir
Main Article Content
Abstract
Studi ini berangkat dari fenomena yang menunjukkan bahwa banyak mahasiswa menghadapi tantangan signifikan, seperti manajemen waktu yang buruk, tekanan emosional, dan kurangnya dukungan sosial, yang dapat mempengaruhi keberhasilan mereka dalam menyelesaikan tugas akhir. Resiliensi, sebagai kemampuan individu untuk bertahan dan bangkit dari kesulitan, menjadi konsep kunci yang dianalisis dalam penelitian ini. Fokus penelitian mencakup tiga aspek utama: pertama, implikasi resiliensi mahasiswa terhadap kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas akhir, kedua, faktor-faktor yang memengaruhi resiliensi mahasiswa, termasuk dukungan sosial, keyakinan spiritual, dan keterampilan manajemen stress, ketiga, upaya post-traumatic growth yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi tekanan, seperti penguatan mental, refleksi spiritual, dan pengembangan strategi belajar yang adaptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen yang dilakukan terhadap mahasiswa tingkat akhir dari berbagai program perkuliahan di Universitas Al-Amien Prenduan, serta dosen pembimbing yang terlibat dalam proses penyelesaian tugas akhir. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan keunikan sistem pendidikan Universitas Al-Amien Prenduan yang mengintegrasikan pendidikan akademik dan sistem pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki resiliensi tinggi cenderung lebih mampu mengelola stres, mengatasi hambatan akademik, dan menjaga motivasi hingga tugas akhir selesai. Faktor utama yang mendukung resiliensi meliputi dukungan keluarga, teman, dan dosen pembimbing; kemampuan mengelola emosi secara efektif; serta keyakinan spiritual yang kuat. Selain itu, mahasiswa yang resilien menunjukkan berbagai upaya signifikan dalam pengembangan diri, seperti memperbaiki strategi belajar, menjalani refleksi spiritual, dan membangun hubungan sosial yang positif.
Downloads
Metrics
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
References
Adiebia, Ika Cahya, Hamdani Hamdani, and Liana Rochmatul Wachidah. “Kelas Menulis Cahaya: Program Komunitas Literasi Berbasis Inovasi, Riset, Dan Teknologi Untuk Menjawab Tantangan Pendidikan.” In GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Special Edition: Lalonget IV Tradris Bahasa Indonesia, 164, 2023. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11741.
Andawiyah, Robiatul, Hamdani, and Maimun. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Membangun Hubungan Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Re-JIEM: Research Journal of Islamic Education Management 7, no. 2 (2024): 251. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i2.14900.
Andawiyah, Robiatul, Waqi’atul Masrurah, Maimun, and Hamdani. “Teacher Strategies for Improving Students ’ Questioning Skills in Class.” JIMPI: Jurnal Inofatif Manajemen Pendidikan Islam 04, no. 01 (2025): 81. https://doi.org/10.38073/jimpi.v4i1.1976.
Arifiana, Nuril Amelia. Mahasiswa, Hasil Wawancara Langsung Pada Tanggal 6 Februari, issued 2024.
Arinda, Vidya Audina Gesty. “Stres Mengerjakan Skripsi, Mahasiswa Ini Berakhir Gangguan Mental Dan Dipasung.” Serambinews.com, n.d.
Firdaus, Moh. Dosen, Hasil Wawancara Langsung Pada Tanggal 16 desember, issued 2024.
Hamdani, Tika Hestiarini Utami, and Maimun. “Menelusuri Lembaga Pendidikan Islam SDI Asy- Syuhada ’ Pamekasan Sebagai Strategi Membentuk Siswa Berkeagamaan Dan Cinta Masjid.” Adabuna: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 4, no. 1 (2024): 5. https://doi.org/https://doi.org/10.38073/adabuna.v4i1.1900.
Hasanah, Uswatun, Abdul Murad, and M. Abrar Parinduri. “Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Goal Commitment Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Di Universitas Medan Area.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4, no. 4 (2022): 2542. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1113.
Hendriani, Wiwin. Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta: PT. Prenadamedia Group, 2018.
Indriani, Fatma. “Pengaruh Dukungan Sosial Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Prokratinasi Dalam Penyelesaian Skripsi.” Journal of Science and Social Research 7, no. 2 (2024): 385. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jssr.v7i2.1817.
Kemendikbudristek. “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, Dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain.” Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2022.
Miles, Mattew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.” London: SAGE, 2014, 31.
Misnawati. Mahasiswa, Hasil Wawancara Langsung Pada Tanggal 16 Desember, issued 2024.
Modouw, Henni Beatrix, and Paskah Ika Nugroho. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Satya Wacana.” Jurnal Akuntansi Profesi 12, no. 1 (2021): 60. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.33283.
Musafiri, M Rizqon Al, and Niajeng Ma’rifatul Umroh. “Hubungan Optimisme Tehadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi.” Jurnal At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 2, no. 2 (2022): 70. https://doi.org/10.30739/jbkid.v2i2.1726.
Putra, Megantara. “Hubungan Spritualitas Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Santri.” In Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 32, 2024.
Putra, Nusa. “Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Reivich, Karen, and Andreww Shatte’. “The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Inner Stregth and Overcoming Life’s Hurdles.” In New York: There Rivers Press, 2002.
Safrina, Ifalira. Mahasiswa, Hasil Wawancara Langsung Pada Tanggal 16 Desember, issued 2024.
Shofiyati. Mahasiswa, Hasil Wawancara Langsung Pada 16 Desember, issued 2024.
Sholihah, Zumrotus. “Mahasiswa, Hasil Wawancara Langsung Pada Tanggal 16 Desember.” 2024, n.d.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.” In Bandung: Alfabeta, 240, 2016.
Surya, Ade Laili Jum’ati, and Armiati Armiati. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Resiliensi Akademik Mahasiswa Saat Penyelesaian Skripsi.” Jurnal Ecogen: Universitas Negeri Padang 6, no. 4 (2023): 542. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i4.15468.
Utami, Cicilia Tanti, and Avin Fadilla Helmi. “Self-Efficacy Dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis.” Buletin Psikologi 25, no. 1 (2017): 54. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.18419.
Wahid, H. Musleh. “Dosen, Hasil Wawancara Langsung Pada Tanggal 16 Desember,” 2024.
Yin, Robert K. “Studi Kasus Desain Dan Metode.” Jakarta: Rajawali Press, 2014, 1.