Pengaruh Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim pada Cafe Bintang Sanga

Main Article Content

Puput Astutik Nurul Kasanah
Luluk Hanifah

Abstract

UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi yang berpotensi untuk menggerakkan kegiatan ekonomi. UMKM yang saat ini menghadapi persaingan yang ketat adalah bisnis Kafe. Persaingan bisnis yang semakin kompetitif menuntut setiap perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim Cafe Bintang Sanga. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. sumber data menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Aplikasi pengolah data yang digunakan adalah IBM SPSS v.25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Muslim di Cafe Bintang Sanga. Fasilitas (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan muslim di Cafe Bintang Sanga. Kualitas pelayanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan muslim di Cafe Bintang Sanga. Hasil uji F menyatakan bahwa variabel produk, fasilitas, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Muslim di Cafe Bintang Sanga. Hasil uji koefisien determinasi parsial (r2) menyatakan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah muslim adalah kualitas pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Kasanah, P. A. N., & Hanifah, L. (2023). Pengaruh Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim pada Cafe Bintang Sanga. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(1), 52–64. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i1.34
Section
Articles

References

Adinda, Nila Dan Sumitro, “Pengaruh Harga, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dua Coffee Fatmawati”, (2020), 3.

Dedy Sasongko, “UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit dalam https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html diakses pada 7-Oktober-2022.

Faradisa, Isti, dkk, “Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Cafe)” dalam Jurnal of Management, Vol. 2, No. 2, (Semarang: 2016), 5.

Firmansyah, Farid dan Rudy Haryanto, Manajemen Kualitas Jasa (Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan) (Duta Media Publishing, 2019), 17.

Hastuti, Puji, dkk. Kewirausahaan Dan Umkm. (Yayasan Kita Menulis, Cet. 1, 2020). 155.

Sari, A. A. Ayu Ratih Permata Dan Ni Nyomsn Kerti Yasa, Kepercayaan Melanggar Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemal.Com (Klaten: Lakeisha, 2020), 29.

Setiadi, Nugroho, J, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen, (Jakarta: Kencana, 2013), 24.

Setiawan, Supriyadi, Loyalitas Pelanggan Jasa. Bogor: IPB Press, 2011), 24.

Shinta, Agustina, Manajemen Pemasaran (Malang: UB Press, 2011), 41.

Sofyan, Indra Lutfi, dkk, “Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Star Clean Car Wash Semarang” dalam Jurnal of Social and Politic, (Semarang: 2013), 3.

Solihin, Riadhus. Digital Marketing Di Era 4.0. (Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2019), 16.

Supriyadi, Edi, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Statistical Process Control (Spc) (Tangerang Selatan: Pascal Books, 2021), 19-20.

Umar, Husein, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005), 37.

Widjaja, Bernard T, Lifestyle Marketing, Servlist: Paradigma Baru Pemasaran Bisnis Jasa Dan Lifestyle (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama), 59.

Zaid, Ekuitas Merek Dan Advokasi Pelanggan (Melalui Strategi Gamifikasi Dan Kualitas Pelayanan) (Lamongan: Academia Publication, 2021), 59-61.