Identifikasi Pendekatan Penelitian dalam Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab

Main Article Content

Ahmad Ahsan Ansori
Rodhi Harisca

Abstract

Berkat kemajuan teknologi, metode penyampaian materi melalui alat digital telah mengalami perubahan drastis. Meskipun teknologi pendidikan berkembang pesat, penerapan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab masih terhambat oleh berbagai masalah kompleks yang mengganggu proses belajar mengajar secara optimal. Salah satu kendala utamanya adalah terbatasnya akses terhadap aplikasi dan platform digital yang sejalan dengan kurikulum bahasa Arab. Melalui studi literatur mendalam, penelitian ini berupaya menemukan strategi efektif guna mengatasi tantangan tersebut dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab.Metode penelitian pustaka mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber seperti buku, artikel, dan jurnal. Tujuannya memahami konteks topik, meninjau hasil penelitian terdahulu, mengidentifikasi kekosongan literatur, serta membangun dasar teoretis studi lanjutan. Prosedurnya mencakup identifikasi topik, pencarian sumber, evaluasi kritis, sintesis data, hingga penyusunan laporan penelitian. Pendekatan ini secara efektif memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya pemahaman dan pengembangan teori.Penggunaan teknologi melalui aplikasi interaktif yang mengintegrasikan simulasi percakapan, umpan balik langsung, dan gamifikasi terbukti meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa. Metode Thariqah Mubasyarah mendukung latihan aktif dan memperkuat ingatan kosakata serta tata bahasa. Kombinasi teknologi dan pengajaran tradisional mendorong partisipasi, kelancaran, serta respons cepat dalam komunikasi. Pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar adaptif yang mendukung perbaikan komunikasi secara signifikan bersama-sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Ansori, A. A., & Harisca, R. (2025). Identifikasi Pendekatan Penelitian dalam Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 5(2), 168–178. https://doi.org/10.52620/jeis.v5i2.123
Section
Articles

References

Abrar, A., Judrah, M., & Syukri, M. (2021). Implementasi metode al-thorīqah al-mubāsyarah (direct method) sebagai upaya peningkatan kemampuan berbicara (mahru al-kalām) pada pembelajaran bahasa arab. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), 76–91. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v1i2.558

Amirudin, N. (2014). Problematika pembelajaran bahasa arab. Tamaddun : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66

Asmara, L., & Ali Mustofa, T. (2024). Strategi Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Maharotul Kalam di MTs. Husnul Khotimah Kuningan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1531–1541. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3557

Atmazaki, A., Ramadhan, S., & Indriyani, V. (2023). Media Dialogis-Interaktif dalam Pembelajaran Online: Praktikalitas dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 306–316. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.59280

Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2016). The Craft of Research. University of Chicago Press. https://doi.org/https://doi.org/10.7208/chicago/9780226239735.001.0001

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications. https://doi.org/https://doi.org/10.4135/9781483348858

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Dita, P. P. S., Murtono, M., Utomo, S., & Sekar, D. A. (2021). Implementation of Problem Based Learning (PBL) on Interactive Learning Media. Journal of Technology and Humanities, 2(2), 14–30. https://doi.org/10.53797/jthkkss.v2i2.4.2021

Faridah, S. N., & Fajar, A. (2022). Peningkatan Hafalan Mufradat Bahasa Arab dengan Metode Bernyanyi pada Santri di Pondok Pesantren Fajrul Islam Karang Hegar Subang. Satwika : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.21009/satwika.020105

Gunawansyah, G., & Mutmainah, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Thariqah Mubasyarah Dalam Mengatasi Rendahnya Maharah Kalam Pada Materi Bahasa Arab Siswa Kelas X Man 1 Kota Bima. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 5(2), 30–44. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v5i2.880

Haerani, R., Rosdiana, R., Ansor, A. S., Hadiyana, R. W., Asrori, K., Farida, R. D. M., & Irianto, J. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Santri Darul Falah Serang, Banten. Minda Baharu, 6(2), 154–162. https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4557

Hambali, U. N., Natsir, R. Y., & Nasir, N. (2023). Tinjauan Literatur tentang Integrasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran Keterampilan Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis Id, 3(2), 128–141. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.346

HAPID, N. (2023). Penerapan Metode Langsung (Thoriqoh Mubasyarah) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengembangan (JHPP), 1(4), 265–270. https://doi.org/10.61116/jhpp.v1i4.220

Humayro, A. H., Zuraidah, Z., & Khoiriyah, Z. (2022). Pengenalan Bahasa Arab Menggunakan Media Kartu Mufrodat Bergambar Di Tpq Al-Faqih. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6614

Iin Ariyanti, & Muhammad Yunus. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran bagi Guru Senior Matematika. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 378–387. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1363

Imawan, A. P., & Prasongko, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Daring: Analisis Multi-Level Perspective Dalam Platform Digital Pembelajaran Daring Di Indonesia. Matra Pembaruan, 6(2), 147–158. https://doi.org/10.21787/mp.6.2.2022.147-158

Karim, T. (2020). The Application of Social Media Based Learning Evaluation on Nationalism Materials of Basic Training Candidate Civil Servants in South Halmahera Regency. Administrasi Publik, 16(1), 13–24.

Karmila Sari, R., & Siti Nurani. (2021). Quizizz Atau Kahoot, Gamifikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(3), 78–86. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.87

Kusumawijaya, I. P., K, A. P., & Ningrum, W. L. (2023). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Kosakata Bahasa Arab Berbasis Android. ICIT Journal, 9(1), 66–76. https://doi.org/10.33050/icit.v9i1.2645

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Maulana, I., Alim, A., & Supraha, W. (2024). Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3654–3659. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4020

Mulyani, W. S., Razi, F., & Mulyana, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Thariqah Mubasyarah Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.3621

Norlianti, N., Riadi, A., Sapitri, E., & Aliyah, R. (2024). Pemanfaatan Media Kartu Kosakata untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas IX A MTS Miftahul Ulum Anggana Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong , Indonesia. 4(November), 1084–1092.

Nugroho, A. (2015). Metodologi Penelitian Pustaka. Rajawali Press.

Nurazizah, S., & Sabrina, N. (2024). Presentasi Kelas untuk Melatih Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa. Karimah Tauhid, 3(3), 3391–3397. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12520

Nurfidah, N. (2021). Kemampuan Technologi Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Mahasiswa Calon Guru Pgsd Melalui Presentasi Di Kelas. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 2018–2021. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2572

Pebria Dheni Purnasari, & Yosua Damas Sadewo. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10, 10–31. https://pdfs.semanticscholar.org/0a56/29e7a0c1602f5368b5ba7aab6d63c74e8744.pdf

Penelitian, J., Tarigan, F. N., & Nadhira, A. (2023). All Fields of Science J-LAS Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa dengan Project-Based Learning Berbasis Hots Improving Students’ English Speaking Ability with Hots-Based Project-Based Learning. AFoSJ-LAS, 3(2), 178–185. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/index

Priantiwi, T. N., & Abdurrahman, M. (2023). Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1365–1371. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1502

Puspita, M. D. (2020). Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di tk al falah palembang tahun ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598

Putra, R. A. R., & Mulyadi, D. (2021). Umpan balik sebagai komponen krusial untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran daring. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 10(2), 66. https://doi.org/https://doi.org/10.29406/jpk.v10i2.2998

Qoirunnisa, A. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Whatsapp pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(2), 89–96. https://doi.org/10.22515/jenius.v2i2.4148

Rahman, M. A., Sook Ling, L., & Yin, O. S. (2022). Interactive Learning System for Learning Calculus. F1000Research, 11, 307. https://doi.org/10.12688/f1000research.73595.2

Rahmawati, D., & Pranowo, D. D. (2022). Hybrid learning dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis. Litera, 21(2), 217–226. https://doi.org/10.21831/ltr.v21i2.46705

Rifiyanti, H., Kurniawan, A., Hidayat, S., & Dewi, D. U. (2023). Pelatihan Micro Teaching dalam Upaya Meningkatkan Keahlian Berbicara dalam Bahasa Inggris di wilayah Jagakarsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 1(3), 183–187. https://doi.org/10.58266/jpmb.v1i3.36

Setiawan, D. (2022). Analisis Potensi Metaverse pada Dunia Pendidikan di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4606–4610. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1101

Siagian, C. E. M., & Pinem, S. H. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Umpan Balik Korektif Dosen Pada Mata Kuliah Speaking. Jurnal Darma Agung, 29(2), 287. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.1087

Subarjo, M. D. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Analisis Penerapan Pendekatan Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 313–318. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.834

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kualitatif, Kuantitatif Dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.

Sumarno, W. K., Furqon, H., Shodikin, A., & Imro, N. (2023). Strengthening Teachers’ Digital Literacy through Interactive Video Making Training using the Kinemaster Application. 2023, 170–176. https://doi.org/10.11594/nstp.2023.3328

Suryaningrum, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Keterampilan Berbicara dan Aspek Pendukungnya pada Siswa Kelas Tinggi di SDN 7 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru: Studi Kasus di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 202–214. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.452

Swara, G. Y., Giatman, M., Ambiyar, A., Simatupang, W., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2021). Development and Feasibility Test on Android-Based Interactive Multimedia Applications for Mathematics Learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(2), 106–111. https://doi.org/10.24036/tip.v14i2.407

Tiara, T. (2022). Kajian Filsafati Terhadap Kemajuan Teknologi Pendidikan Di Indonesia. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), 171–178. https://doi.org/10.56855/intel.v1i1.284

Wahyudin, D., & Misbahul Munir, H. (2023). Istikhdām Wasīlah Al-Fīdyu Al-Kartūnī Fī Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Tarqiyati Mahārah Al-Istimā’ Wa Al-Kalām. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 181–195. https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.29035

Wahyuningsih, S., Satyananda, D., Qohar, A., & Atan, N. A. (2020). An integration of “online interactive apps” for learning application of graph theory to enhance creative problem solving of mathematics students. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(12), 97–109. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I12.15583

Wati, M., Hairah, U., Manik, F. A., Hidayat, I. A., Arabi, M. A. Q., Alqarani, H., Rasid, K., & Wijaya, M. R. Y. (2023). Penerapan Tool Google Workspace untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar di SMAN 9 Samarinda. Inovasi Teknologi Masyarakat (INTEKMAS), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.53622/intekmas.v1i1.204

Wiwik Maladerita, Azwar Ananda, & Maria Montesori. (2023). Discovery Learning : Implementation In Social Learning Assisted Interactive Digital Teaching Materials To Improve Student Learning Outcomes. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(4), 1054–1061. https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i4.330

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.