Dampak Pelatihan Tata Rias Karakter Reog terhadap Peningkatan Keterampilan Anggota Paguyuban Reog Karso Budoyo

Main Article Content

Eni Juniastuti
Asi Tritanti
Septiari Nawanksari
Wika Rinawati
Mohammad Naufal Fahmi

Abstract

Fenomena yang ditemui pada anggota Paguyuban Reog Karso Budoyo di Desa Ngentakrejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, adalah rendahnya kemampuan dalam menerapkan tata rias karakter Reog menjelang pertunjukan, sehingga ketergantungan terhadap jasa makeup artist dengan tarif tinggi menjadi suatu keharusanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek konteks, input, dan proses dalam pelatihan rias karakter Reog terhadap keterampilan merias wajah anggota Paguyuban Reog Karso Budoyo di Desa Ngentakrejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 21 anggota paguyuban tari Reog. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan skala Likert 4 untuk mengukur pengaruh ketiga aspek terhadap keterampilan merias wajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek konteks, input, dan proses pelatihan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan merias wajah anggota paguyuban. Temuan ini menunjukkan bahwa ketiga aspek tersebut saling berkontribusi dalam membentuk kemampuan rias karakter Reog yang lebih baik pada anggota paguyuban. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan program pelatihan yang lebih efektif dalam mendukung keterampilan merias karakter di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Juniastuti, E., Tritanti, A., Nawanksari, S., Rinawati, W., & Fahmi, M. N. (2025). Dampak Pelatihan Tata Rias Karakter Reog terhadap Peningkatan Keterampilan Anggota Paguyuban Reog Karso Budoyo. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 5(2), 179–189. https://doi.org/10.52620/jeis.v5i2.136
Section
Articles

References

Adawiyah, A. R., & Nurbaeti, R. U. (2023). Pelatihan Tari Kreasi Sebagai Bentuk Apresiasi Seni Tari. Jamu Jurnal Abdi Masyarakat Umus, 3(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1051

Ekasari, H., Sembiring, D., & Ginting, B. (2023). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Camat Medan Marelan. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2294–2300. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13238

Elviana, E., Winarto, E. D., & Avenzoar, A. (2021). Upaya Peningkatan Citra Kawasan Wisata Budaya Pada Sanggraloka Sekar Wilis Ponorogo. Jurnal Envirotek, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.33005/envirotek.v13i1.130

Fenty Sukmawaty, N. (2024). Pelatihan Gerak Dan Tari Trandisional Jaipong. Among Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 18–24. https://doi.org/10.51804/ajpm.v6i1.16564

Hamimah, H., Hilmi, L., Akmal, A. U., Kenedi, A. K., & Arwin, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Buku Cerita Elektronik Berbasis Etno-Sosial. Majalah Ilmiah Upi Yptk, 85–90. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.119

Henny Merizawati, N. (2022). Pelatihan Dan Pertunjukan Tari Minangkabau Bagi Mahasiswi Bersuku Jawa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 98–106. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.2311

Ichsan, R. N. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pdam Tirtanadi Cabang Padang Bulan Medan. Jurnal Ilmiah Metadata, 2(1), 71–77. https://doi.org/10.47652/metadata.v2i1.20

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R., F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Kiftiyah, I., & Al Banin, Q. (2023). Pengaruh Self Efficacy Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbis), 2(1), 327–343. https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i1.6131

Lusiana, M., Novelni, R., Septiari, D., & Saputra, I. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Rias Panggung Dan Manajemen Pemasaran Melalui Pelatihan. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 15(01), 65. https://doi.org/10.24036/jpk/vol15-iss01/1161

Ni'mah, A. T., Arif, M., Tahir, M., Diana, L. M., & Stefany, E. M. (2024). Digital Strategy in Enhancing Brand Equity of Pantai Matahari Tourism Sumenep. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 10(2), 136-142. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v10i2.23815

Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Seni Pada PAUD. Early Childhood Research Journal (Ecrj), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689

Oktaviani, C., Seprianto, S., & Putri, M. D. (2023). Coaching Clinic Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SMP Di Langsa Sebagai Pendukung Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2862–2870. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1231

Paranti, L., Jazuli, M., & Firdaus, Z. S. (2021). Penguatan Potensi Desa Wisata Menari Melalui Pelatihan Tata Rias Dan Busana Tari Lembu Tanon. Jurnal Puruhita, 3(2), 116–122. https://doi.org/10.15294/puruhita.v3i2.53165

Primawan, R. A., & Nurcahyo, A. (2015). Peranan Mbah Wo Kucing Dalam Pelestarian Reog Dan Warok Di Kabupaten Ponorogo. Agastya Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 5(01), 67. https://doi.org/10.25273/ajsp.v5i01.896

Rosalina, L., Lusiana, M., & Mentari, T. A. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Rias Wajah Tari Dan Pembuatan Aksesoris Jilbab Pada Kelompok Sadar Wisata Pasa Harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Tata Rias Dan Kecantikan, 1(2), 1. https://doi.org/10.24036/.v1i2.21

Sari, U. A., Nasith, A., Azharotunnafi, A., & Yasri, H. L. (2023). Religious Moderation Values in the Local Wisdom of Reog Dadak Lar Pitik. El Harakah Jurnal Budaya Islam, 25(1), 68–92. https://doi.org/10.18860/eh.v25i1.19664

Sekamdo, M. A., & Wiratno, E. (2021). Melestarikan Keterampilan Rias Manten Jawa Dikalangan Muda Gunungkidul. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 1(1), 63–68. https://doi.org/10.47709/dst.v1i1.1027

Shafa, Z., Supiani, T., & Hidayah, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Figma Pada Pembelajaran Tata Rias Karakter Horor. 2(1), 292–305. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.207

Sulistyorini, D. (2022). Kajian Bentuk, Fungsi Dan Makna Karakter Tata Rias Punakawan Wayang Gaya Yogyakarta. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 170–178. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.343

Veren Clarissa Geraldin, N., Bakhtiar Abbas, N., & La Ode Sabaruddin, N. (2021). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Komitmen Kerja Dan Kinerja Karyawan Pada Pt. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tenggar. Sigma Journal of Economic and Business, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.60009/sigmajeb.v4i1.78

Wuryani, E., Wardani, K. W., & Mediatati, N. (2020). Pemberdayaan Keluarga Berbasis Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v3i1.1705

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.